Jum'at, 19 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Selasa, 09 Mei 2023 | 09:20 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Tak dapat dipungkiri jika selama satu dekade terakhir game esports telah berkembang dengan sangat luas.

Bahkan saat ini, kamu bisa menemukan banyak sekali game yang bisa dimainkan.

Akan tetapi menariknya, tidak semua game mendapatkan perhatian yang sama banyaknya dengan game-game lainnya.

Meski beberapa game papan atas juga memiliki turnamennya sendiri, namun hanya ada beberapa game yang benar-benar mampu menarik perhatian penonton.

Sayangnya, tak ada turnamen game FF di lima besar daftar ini. Padahal, game Free Fire juga sering menyelenggarakan turnamen yang banyak diikuti gamers dari berbagai kalangan/

Berikut Hitekno.com akan mengajak kamu kenal dengan lima turnamen game esports dengan jumlah penonton terbanyak hingga tahun 2023 ini.

1. League of Legends

Karakter League of Legends. (Riot Games)

Dirilis pada tahun 2009, League of Legends berhasil menggemparkan pasar gaming meski baru seumur jagung. 

Gim strategi ini menampilkan gameplay bergaya MOBA di mana pemain memilih dari daftar besar karakter (Juara) untuk membentuk tim beranggotakan lima orang dan melawan lawan mereka dalam upaya merebut atau menghancurkan markas mereka.

LoL secara konsisten tetap berada di puncak tangga sebagai game dengan viewers dan jumlah pemain terbanyak hingga saat ini. Tercatat, game tersebut menghasilkan lebih dari lima juta penonton puncak pada tahun 2022 dan empat juta pada tahun sebelumnya.

Gim ini menginspirasi serial Netflix yang terkenal Misterius yang bahkan menarik perhatian non-gamer, meningkatkan penayangannya secara eksponensial.

2. Mobile Legends: Bang Bang

Mobile Legends. (HiTekno.com)

Sama seperti game MOBA lainnya, Mobile Legends: Bang Bang menampilkan dua tim yang terdiri dari lima karakter (Pahlawan) di peta pertempuran yang bertarung satu sama lain untuk menghancurkan markas.

Ada enam mode yang bisa dijelajahi pemain, yaitu: Classic, Rank, Brawl, Custom, vs AI, dan Arcade.

Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) telah sukses besar sejak dirilis, yang membuat Moonton akhirnya memulai turnamen liga profesional dengan tajuk MPL sebagai kualifikasi untuk Mobile Legends World Championship. 

Meskipun merupakan game yang relatif baru, MLBB telah memberikan Dota 2 uangnya dalam hal keterlibatan turnamen dan penayangan pada tahun 2021.

3. Counter Strike: Global Offensive

Counter Strike Global Offensive. (Steam)

Counter-Strike: Global Offensive adalah game first-person shooter klasik yang telah membangun komunitas besar selama bertahun-tahun. Dengan ribuan pemain profesional, game ini adalah salah satu game esports yang paling banyak ditonton sepanjang masa.

Ini menampilkan dua tim beranggotakan lima orang yang saling berhadapan sebagai teroris dan anti-teroris, dengan tujuan menyelesaikan tugas seperti menanam / menjinakkan bom dan menyelamatkan sandera.

Gim ini mengharuskan pemain untuk memanfaatkan strategi taktis seperti memberondong dan mengintip untuk menghilangkan lawan dalam waktu terbatas untuk memenangkan setiap putaran. Tim yang memenangkan putaran terbanyak memenangkan pertandingan.

Sebagai informasi, CS:GO telah bertahan di lima tempat teratas sepanjang tahun 2021 dan 2022 dan diperkirakan akan bertahan tahun ini juga.

4. Fortnite

Fortnite. (Nintendo)

Fortnite saat ini adalah salah satu judul battle royale paling populer. Game keren ini dirilis oleh Epic Games pada tahun 2017, dan pemirsanya telah mencapai lebih dari dua juta pada tahun 2019.

 Fortnite Battle Royale terdiri dari regu empat atau dua atau pemain solo yang mencoba mendominasi peta untuk tetap menjadi yang terakhir bertahan.

Dengan kulit budaya pop yang unik dan kemampuan yang aneh, Fortnite dengan cepat mendapatkan popularitas di dunia esports dan sekarang memiliki lebih dari 300 turnamen. 

Turnamen memiliki kumpulan hadiah yang mengesankan dan telah menarik ribuan pemain profesional dari seluruh dunia.

5. Valorant

Agent Valorant. (HiTekno.com)

Setelah kesuksesan besar League of Legends, Riot Games mendapatkan banyak ketenaran dalam game penembak taktis dengan Valorant.

Mekanika penembakan yang tidak biasa dari gim ini, dipasangkan dengan penggunaan berbagai skill yang harus dikuasai pemain, menghasilkan gameplay dan strategi yang khas bagi para pemain.

Sejak dirilis pada tahun 2020, Valorant telah mengadakan lebih dari seribu turnamen dengan kumpulan hadiah yang cukup besar yang telah meningkatkan penayangan puncaknya menjadi lebih dari satu juta pada tahun 2022.

Itulah lima game dengan viewers terbanyak hingga tahun 2023 ini.

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

HoYovers Siap Hadirkan Event Waktu Terbatas Tears of Themis Gourmet Gastronomy