Jum'at, 29 Maret 2024
Cesar Uji Tawakal : Selasa, 09 Mei 2023 | 08:56 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Google berencana melakukan perubahan besar pada mesin pencari mereka dengan menambahkan fitur visual, konten pendek, serta lebih manusiawi. Demikian dilaporkan oleh Cnet. Pembaruan ini ditujukan khususnya untuk para remaja di seluruh dunia. Fitur yang akan ditambahkan meliputi kecerdasan buatan (AI) seperti chat, lebih banyak konten dari media sosial dan video pendek.

Perubahan desain mesin pencari Google akan membawa perubahan signifikan dalam industri teknologi dan budaya. Selain itu, AI juga akan tersedia secara luas dalam cara yang belum pernah kita lihat sebelumnya. Pengguna yang mencari informasi akan lebih sering didorong untuk mengajukan pertanyaan lanjutan atau melakukan swipe pada konten visual seperti video TikTok.

Pembaruan mesin pencari Google ini terjadi ketika Google menghadapi persaingan baru dari TikTok. Lebih banyak anak muda menggunakan aplikasi video pendek populer tersebut untuk mencari informasi tentang restoran dan topik lainnya. Bulan September lalu, Google mulai menampilkan video pendek dalam pencarian. The Journal kini mengatakan bahwa konten semacam itu akan diberikan lebih banyak ruang di mesin pencarian.

Ilustrasi Google Search. (Google)

Perubahan desain mesin pencari Google ini juga datang ketika Google semakin dihadapkan pada tantangan dari mesin pencari Bing buatan Microsoft, yang baru-baru ini mengintegrasikan teknologi AI chat. Dan ini juga datang menjelang konferensi tahunan Google I/O yang dijadwalkan pada 10 Mei, di mana perusahaan secara luas diharapkan akan memamerkan produk AI.

Bulan lalu, New York Times melaporkan bahwa Google sedang mengerjakan mesin pencari berbasis AI yang dimaksudkan untuk menawarkan "pengalaman yang lebih personal," lebih bersifat percakapan dan "menduga" kebutuhan Anda. CEO Google, Sundar Pichai, juga mengatakan bahwa Google akan "pasti" menambahkan chat AI ke mesin pencari mereka.

Namun, terdapat juga kekhawatiran bahwa respons bot AI dan konten yang dibuat oleh pengguna seperti video TikTok dapat berisi misinformasi. Peneliti Geoffrey Hinton, yang dikenal sebagai "bapak AI," juga mengatakan bahwa ia telah meninggalkan Google agar dapat dengan bebas berbicara tentang risiko AI, termasuk misinformasi dan ancaman terhadap pekerjaan orang.

BACA SELANJUTNYA

Visa Digital Nomad: Bekerja Sambil Liburan Keliling Dunia