Sabtu, 04 Mei 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 09 Mei 2023 | 19:27 WIB

Hitekno.com - Timnas eSports Indonesia mendapatkan medali SEA Games 2023 pertama mereka pada cabor CrossFire. Babak Grand Final CrossFire SEA Games 2023 mempertemukan tim perwakilan dari Vietnam dan Indonesia.

Timnas CrossFire meraih medali perak setelah kalah dari Vietnam di babak puncak.

Sebagai informasi, SEA Games masih mempertahankan adanya cabor eSports seperti edisi sebelumnya. Terdapat enam game yang tersebar pada 9 nomor pertandingan berbeda.

Daftar game yang dipertandingkan di SEA Games 2023 yaitu AK2 (PC), PUBG Mobile (Tim & Solo), Mobile Legends (Men & Ladies), League of Legends Wild Rift (Men), Valorant (Men), dan CrossFire (Men).

Roster yang tergabung di Timnas Esports CrossFire adalah Kautsar Faruqurrohman Ekatama, Ivan Supardi, Samuel Santosa, Muhammad Adrian Setiawan, Jason Adrian, dan Riddho Putra Muharam.

Timnas CrossFire meraih medali perak di SEA Games 2023. (Instagram/ @pbesi_official)

Andrew Joseph menjadi pelatih utama Timnas CrossFire Indonesia. Babak penyisihan grup sudah berlangsung pada Senin (08/05/2023) lalu.

Sementara itu Grand Final diadakan pada hari ini (09/05/2023). Timnas CrossFire Indonesia mengawali Babak Grup dengan hasil yang kurang menyenangkan.

Mereka kalah dari Timnas Vietnam pada laga pertama. Perlu diketahui, Vietnam memang mempunyai Timnas Esports CrossFire yang sangat kuat.

Tim CrossFire asal Vietnam adalah juara bertahan dari SEA Games 2021. Setelah kalah dari Vietnam, Timnas CrossFire bangkit dan mampu menang atas Kamboja dan Laos.

FireZs, KF, Shock, Mierr, dan Adrnking bertemu Vietnam kembali di Grand Final.

Sayang, sang juara bertahan terlalu kuat bagi Indonesia. Pada Match pertama (map Port), Vietnam mendominasi dan mengakhiri pertandingan dengan skor 10 vs 2.

Timnas CrossFire meraih medali perak di SEA Games 2023. (Instagram/ @pbesi_official)

Laga pada map Ankara di Match 2 juga memperlihatkan ketangguhan Vietnam. Mereka langsung menyapu sebagian besar ronde yang ada.

Vietnam berhasil unggul 10 vs 1. Timnas CrossFire Indonesia memberikan persaingan sengit pada Match 3.

Sayang, Indonesia harus puas dengan medali perak mengingat mereka kalah 5 vs 10 pada Match 3. Itu berarti skor total menjadi 3 vs 0 untuk keunggulan besar Vietnam.

Tim Esports CrossFire yang masuk dalam posisi tiga besar yaitu Vietnam (emas), Indonesia (perak), dan Filipina (perunggu).

Perlu diketahui Timnas Esports Indonesia bermain pada enam nomor pertandingan yaitu Mobile Legends: Bang-Bang (MLBB) Pria, MLBB Wanita, PUBG Mobile Squad, PUBG Mobile Solo, Crossfire, dan Valorant. Sebelum ini, PBESI menargetkan perolehan empat emas, tiga perak, dan satu perunggu di ajang SEA Games 2023 cabor eSports.

BACA SELANJUTNYA

Harga Xiaomi Pad 6S Pro 12.4 di Indonesia, Tablet Layar Lebar untuk penuhi produktivitas dan kreativitas