Minggu, 03 Maret 2024
Cesar Uji Tawakal : Minggu, 25 Juni 2023 | 15:43 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Dua game MOBA besutan Moonton dan Riot Games memiliki beberapa kesamaan dan perbedaan. Hal ini membuat MLBB dan Legends Wild Rift  unik dan kerap diperbandingkan.

Ya, hingga saat ini penggemar kedua komunitas telah berdebat tentang game mana yang lebih baik dan lebih populer.

Perselisihan tersebut terjadi pada tahun 2022 ketika Riot Games mengajukan gugatan terhadap Moonton. Mereka mengklaim bahwa Moonton telah meniru beberapa bagian dari judul LoL dan LoL Wild Rift dengan membuat MLBB.

Sejak saat itu, perdebatan mana yang terbaik antara keduanya terus mewarnai berbagai forum fandom di media sosial. 

Jelas, Hitekno.com tak akan menambahkan bumbu di tengah perdebatan yang dilakukan. Dalam artikel ini, Hitekno.com akan mengulas perbandingan beberapa elemen pada kedua game.

Dengan perbandingan ini, pemain dan penggemar bisa menyimpulkan sendiri mana yang lebih keren antara Mobile Legends vs League of Legends Wild Rift.

Grafik dan animasi

League of Legends Wild Rift hadir sebagai game mobile. (Riot Games)

League of Legends Wild Rift secara grafis terinspirasi dari versi PC-nya. Wild Rift memberi para pemain peta yang bersih, pertarungan yang tajam dan jelas, serta animasi monster hutan yang jauh lebih baik daripada game MOBA lainnya.

Sementara itu, Mobile Legends Bang Bang tertinggal sedikit di sektor ini. Animasinya sedikit buram, membuat pertempuran menjadi lebih sulit bagi para pemain. Untungnya bagi para pemain, animasi skill poke dan burst sedikit lebih realistis.

Item game

League of Legends: Wild Rift.(Riot Games)

Jumlah item di Wild Rift lebih banyak daripada di Mobile Legends Bang Bang. Ini kembali memberi gelar Riot Games keunggulan.

Dalam hal pembelian item dalam game, MLBB sama seperti judul MOBA lainnya. Artinya, tidak seperti LoL, di mana pemain harus kembali ke pangkalan untuk membeli barang apa pun. Dalam game ini, pemain bisa mendapatkan barang kapan saja dan dari lokasi mana saja di peta.

Gameplay

Hero Mobile Legends - Aldous. (Moonton)

Salah satu perbedaan utama antara League of Legends Wild Rift dan Mobile Legends Bang Bang terletak pada gameplay-nya. 

Pertandingan di Wild Rift membutuhkan waktu sedikitnya 15–20 menit untuk berakhir, sedangkan pertandingan MLBB selesai lebih cepat. 

Selain itu, Moonton juga mengambil inspirasi dari versi PC game tersebut, karena menampilkan indikator 'solo' dan 'duo' pada jalur MLBB yang berbeda saat pertandingan dimulai.

Perbandingan Hero

Skin hero Mobile Legends - Lancelot. (Moonton)

Baik hero MLBB maupun League of Legends Wild Rift memiliki peran yang mereka sukai, dan statistik kekuatan serta kemampuannya sering kali disesuaikan dengan update patch dari kedua game tersebut.

Namun, hero Mobile Legends Bang Bang disebut lebih fleksibel dan serbaguna dibandingkan LoL: Wild Rift. Sebagian besar hero dalam judul MOBA Moonton dapat bermain di mana saja di peta. 

Selain itu, hero universe MLBB yang berjumlah 121 hero ini lebih tersebar dibandingkan dengan Wild Rift yang hanya terdiri dari 40 hero.

Itulah beberapa ulasan Hitekno.com tentang perbandingan dua game populer di dunia saat ini Mobile Legends vs League of Legends Wild Rift. Kalau kamu pilih yang mana?

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

Mengenal berbagai genre game online fantasi, simak selengkapnya!