Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 26 Oktober 2022 | 17:05 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Mangekyo Sharingan menjadi salah satu kekuatan yang menakutkan dalam kisah Naruto. Ketahui bagaimana penjelasan dari kekuatan tingkat lanjut dari mata Sharingan milik klan Uchiha ini.

Ada beberapa fakta menarik Mangekyo Sharingan yang harus dikatahui para fans, karena tidak semua secara gamblang diungkap dalam manga dan anime Naruto.

Berikut ini tim HiTekno.com merangkum apa penjelasan soal Mangekyo Sharingan yang jadi kekuatan menakutkan milik klan Uchiha.

Para penggemar Naruto pasti tak asing dengan istilah Sharingan. Kata Sharingan jika diartikan memiliki makna "Mata Roda Penyalin" yang biasanya dimiliki oleh anggota klan Uchiha.

Meski memiliki kekuatan yang dahsyat, namun pada dasarnya Sharingan adalah kutukan karena baru akan muncul jika penggunanya diselimuti rasa kebencian.

Setiap karakter Naruto pengguna Sharingan memiliki potensi luar biasa karena mata ini membawa kekuatan tak terbatas. 

Kekuatan Sharingan sangat bergantung pada rasa sakit dan kesengsaraan penggunanya. Ini membuat Sharingan menjadi kekuatan yang cukup tragis untuk digunakan. 

Karenanya kekuatan ini disebut sebagai kutukan juga bagi penggunanya. Karena pengguna Sharingan harus merasakan rasa sakit yang mendalam melebihi sakit fisik untuk bisa mendapatkan Sharingan.

Naruto - penjelasan Sharingan. (fandom)

Ketika seseorang mengalami kejutan emosional yang hebat, kemungkinan besar sedih atau penuh keputusasaan, maka akan memicu mata ini untuk bangkit.

Saat ia terbangun, Sharingan juga mulai mempengaruhi pengguna dengan kebencian yang lahir dari hilangnya cinta atau kebutuhan untuk melindungi. 

Saat kebencian tumbuh, begitu pula kekuatan mata ini. Yang lebih menarik adalah bahwa Sharingan dapat menjadi lebih kuat ketika pengguna menyaksikan kehilangan orang yang dicintai.

Rasa sedih yang bercampur benci dari kehilangan ini bisa memicu evolusi Sharingan menjadi Mangekyo Sharingan. Kekuatan yang lebih mengerikan dan masih menjadi andalah klan Uchiha.

Lebih lanjut lagi, simak penjelasan dan fakta menarik Mangekyo Sharingan yang dirangkum tim HiTekno.com berikut ini.

Apa itu Mangekyo Sharingan?

Naruto - Mangekyo Sharingan Sasuke Uchiha. (fandom)

Mangekyo Sharingan adalah bentuk lanjutan dari Sharingan yang hanya digunakan oleh beberapa karakter Naruto dalam seri ini.

Kekuatan Mangekyo Sharingan pertama kali berhasil dibangkitkan oleh Indra Otsutsuki. 

Mangekyo Sharingan baru akan muncul ketika penggunanya benar-benar diselimuti oleh kebencian dan tidak ada rasa cinta sedikitpun dalam diri mereka.

Madara Uchiha dan Izuna Uchiha adalah anggota pertama dari klan mereka yang membangkitkan Mangekyo Sharingan ini dan mereka berdua melakukannya dengan membunuh sahabat mereka sendiri.

Sementara Itachi Uchiha berhasil membangkitkan Mangekyo Sharingan ketika dia menyaksikan kematian Shisui.

Sasuke juga berhasil membangkitkan mata ini setelah mengetahui sejarah klan Uchiha dan apa yang dilakukan Itachi kepada keluarga mereka.

Mata ini secara signifikan meningkatkan kecakapan bertarung kepada penggunanya dan memungkinkan mereka bertarung di level yang jauh lebih tinggi.

Mangekyo Sharingan akan semakin kuat seiring dengan kuatnya kebencian penggunanya. 

Beberapa anggota klan Uchiha pada perkembangannya juga berhasil membangkitkan Mangekyo Sharingan dan menggunakan kekuatannya.

Apa kemampuan Mangekyo Sharingan?

Naruto - Mangekyo Sharingan. (fandom)

Bukan hanya membuat penggunanya semakin kuat, namun Mangekyo Sharingan juga memberi kemampuan unik lainnya.

Misalnya saja yang pernah terjadi pada Itachi Uchiha. Itachi secara tiba-tiba mampu menggunakan api hitam Amaterasu dengan Mangekyo Sharingan kanannya, sementara mata kirinya memberinya kemampuan untuk menggunakan Genjutsu kuat.

Genjutsu ini bahkan memungkinkan dia mengontrol ruang-waktu secara bebas, yang disebut Tsukuyomi. 

Sementara Mangekyo Sharingan yang dibangkikan Saskuke membuatnya memiliki kekuatan api hitam Amaterasu di satu mata.

Sedangkan pada mata yang lain, memungkinkan dia memanipulasi api yang sama dan memberi mereka bentuk menggunakan jutsu yang disebut Kagutsuchi.

Ada beberapa kemampuan Mangekyo Sharingan lainnya yang muncul dalam cerita juga yang memiliki arti penting bagi keseluruhan plot. 

Misalnya pada Kamui Kakashi Hatake yang memungkinkan dia untuk membelokkan apapun dari jarak ke dimensi Kamui dalam sekejap. 

Kemudian adapula Obito Uchiha yang dapat menggunakan separuh Kamui lainnya dan menerapkannya ke tubuhnya sendiri untuk mengirimkannya ke dimensi lain hingga membuatnya seolah-olah dia tidak berwujud.

Itulah penjelasan dan fakta menarik Mangekyo Sharingan sebagai salah satu kekuatan menakutkan klan Uchiha.

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

Rangkuman Sasuke Retsuden, Ternyata Begini Garis Besar Ceritanya