Selasa, 19 Maret 2024
Cesar Uji Tawakal : Jum'at, 11 November 2022 | 18:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Seperti diketahui, ada banyak manga menarik yang dirilis sejak bertahun-tahun lalu. Meski demikian, hanya ada beberapa maga jadul yang masih eksis sampai sekarang.

Hal tersebut lantaran manga-manga lama ini kalah saing dengan manga baru yang langsung memikat hati para otaku sejak awal dirilis.

Jika kamu adalah penggemar Naruto, maka kamu wajib bangga sebab manga Naruto masuk ke dalam daftar 10 manga terlaris sepanjang sejarah.

Akan tetapi jika dilihat secara keseluruhan, masih ada beberapa judul manga yang sukses mengalahkan popularitas dan jumlah penjualan dari manga bertema ninja yang satu ini.

Dilansir dari CBR, berikut ini adalah 10 manga terlaris sepanjang sejarah:

Naruto - Rasenshuriken. (fandom)

10. Demon Slayer: 150 juta unit

Demon Slayer Koyoharu Gotouge: Kimetsu No Yaiba menduduki peringkat 10 sebagai manga terlaris. Padahal manga ini hanya menerbitkan 23 volume selama 4 tahun.

Meski pendek, namun Demon Slayer berhasil terjual lebih dari 150 juta kopi sejak dimulai pada 2016

9. KochiKame: Tokyo Beat Cops: 156.5 juta unit

KochiKame: Tokyo Beat Cops merupakan sebuah manga komedi yang dibuat oleh Osamu Akimoto. Manga ini telah terjual lebih dari 156,5 juta kopi sejak dimulai pada tahun 1976.

Akimoto menerbitkan 200 volume selama 40 tahun, dan manga aslinya telah menginspirasi beberapa adaptasi panggung, tiga film animasi, dua film aksi langsung, acara TV aksi langsung, dan serial anime.

8. Slam Dunk: 170 juta unit

Salah satu manga olahraga paling terkenal, Slam Dunk bahkan dipuji oleh Asosiasi Bola Basket Jepang karena membantu mempromosikan bola basket kepada kaum muda. 

Manga asli dibuat oleh Takehiro Inoue yang hanya berjalan antara tahun 1990 dan 1996 dengan total 31 volume.

Namun sejak saat itu, manga Slam Dunk telah terjual lebih dari 170 juta kopi, serta menghasilkan beberapa video game, empat film, serial anime, dan dana yang membantu pemain bola basket Jepang mengikuti impian NBA mereka.

7. Black Jack: 176 juta unit

Black Jack karya Osamu Tezuka hanya menerbitkan 25 volume selama 10 tahun, tetapi masih menjadi salah satu manga terlaris sepanjang masa dengan lebih dari 176 juta volume terjual. 

Manga ini tidak memiliki plot yang menyeluruh seperti kebanyakan cerita lainnya dan malah berisi banyak cerita pendek dengan plot masing-masing.

6. Doraemon: 250 juta unit

Doraemon merupakan manga anak-anak yang dibuat oleh Fujiko F. Fujio yang berlangsung dari tahun 1969 hingga 1996, secara konsisten populer sejak pertama kali dirilis. 

Seiring waktu, ia telah memenangkan banyak penghargaan dan umumnya dianggap sebagai salah satu ikon budaya terbesar di Jepang.

Manga Doraemon asli telah diadaptasi menjadi dua serial anime, total 40 film panjang dan pendek, dan beberapa bentuk media lainnya. 

Ceritanya mengikuti Doraemon, seekor kucing robot dari masa depan, saat ia melakukan perjalanan kembali ke masa lalu untuk membantu Nobita Nobi.

5. Detektif Conan: 250 juta unit

Detektif Conan adalah manga Shonen oleh Gosho Aoyama yang saat ini masih dalam publikasi. Sejak dimulai pada tahun 1994, Detective Conan telah menerbitkan 99 volume dan terjual lebih dari 230 juta eksemplar.

Manga ini mengikuti Shinichi Kudo (atau Jimmy Kudo dalam Case Closed ), seorang detektif ajaib yang memiliki tubuh bagaikan anak-anak.

Sepanjang cerita, Kudo membantu dalam kasus detektif lain saat ia mencoba untuk menemukan orang-orang yang meracuninya.

4. Naruto: 250 juta unit

Dan disinilah posisi manga kesayangan kita semua, Naruto. Naruto adalah salah satu judul yang paling terkenal, dengan manga asli yang mengarah ke beberapa adaptasi populer, spin-off, dan sekuel dalam bentuk anime, manga, dan novel ringan.

 Manga aslinya pertama kali dibuat oleh Masashi Kishimoto pada tahun 1999 dan berjalan selama 15 tahun sebelum berakhir pada tahun 2014. Sejak pembuatannya, Naruto telah terjual lebih dari 250 juta volume.

Cerita ini berkisah tentang Naruto Uzumaki dan berlangsung dalam dua bagian selama masa pra-remaja dan remaja, mengikuti kehidupan dan petualangannya saat ia berusaha untuk menjadi Hokage, pemimpin desanya. 

3. Golgo 13: 300 juta unit

Golgo 13 merupakan manga yang dibuat oleh Takao Saito. Golgo 13 adalah manga tertua dan terlama yang masih diterbitkan, serta satu-satunya manga Seinen yang ditampilkan dalam penjualan teratas. 

Ini juga memiliki jumlah volume tertinggi yang diterbitkan (201) dan telah terjual lebih dari 300 juta eksemplar.

Manga aksi ini tidak terlalu menggunakan plot menyeluruh, melainkan berfokus pada berbagai petualangan Golgo 13, alias Duke Togo.

 Togo adalah pembunuh profesional misterius yang terutama menggunakan senapan M16 khusus untuk menjalankan bisnisnya. Cerita mengikuti dia saat dia menyelesaikan pekerjaan, yang sangat bervariasi dan telah membuatnya banyak musuh.

2. Dragon Ball: 300 juta unit

Dragon Ball karya Akira Toriyama merilis 42 volume antara tahun 1984 dan 1995 dan telah terjual lebih dari 300 juta kopi sejak dimulai. 

Manga Shonen populer ini awalnya diadaptasi menjadi dua serial anime, tetapi bahkan sekarang terus menginspirasi adaptasi baru. Manga aslinya juga dikreditkan karena menginspirasi beberapa mangaka terkenal lainnya.

Dragon Ball menceritakan kisah Son Goku dalam petualangan fantasi dewasa saat ia berusaha untuk menjadi seniman bela diri paling kuat dan mencari Bola Naga.

1. One Piece: 516,6 juta unit

Dengan lebih dari 500 juta kopi terjual, One Piece sejauh ini merupakan manga terlaris sepanjang masa. 

Eiichiro Oda memulai seri ini pada tahun 1997 dan masih menerbitkan bab-bab baru, meskipun dia telah menyatakan bahwa dia mengharapkan seri ini selesai pada tahun 2025. 

Manga ini juga merupakan bagian dari salah satu waralaba media terlaris, mengumpulkan lebih dari $ 14,5 miliar USD antara manga, anime, video game, dan merchandise-nya.

Itulah daftar 10 manga terlaris sepanjang sejarah. Naruto hanya kalah dari One Piece, Dragon Ball, dan Golgo 13.

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

Naruto: Gabungnya Itachi Uchiha ke Akatsuki Merupakan Rencana Rahasia Jiraiya?