Rabu, 17 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 15 Desember 2022 | 08:37 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Planet Pandora dari film Avatar masih menyimpan banyak misteri dan menarik untuk ditelisik. Ketahui delapan fakta menarik planet Pandora dari Avatar yang tidak banyak diketahui.

Setelah lebih dari satu dekade berlalu sejak film pertamanya, tak lama lagi film sekuel Avatar berjudul The Way of Water akan tayang di bioskop seluruh dunia.

Sama seperti film pertamanya, Avatar The Way of Water masih akan berlangsung di planet Pandora, sebuah planet indah yang penuh misteri dan kejutan.

Dimana manusia dikisahkan sebagai penjajah yang mengeruk sumber daya alamnya sekaligus menimbulkan kehancuran di Pandora. Sebelum melihat lebih jauh keindahan alamnya di Avatar 2, mari kita bahas beberapa fakta menarik tentang planet Pandora.

Berikut 8 fakta menarik planet Pandora yang tim HiTekno.com rangkum dari Hitlava untuk kamu.

1. Nama Pandora Diadaptasi dari Mitologi

Avatar The Way of Water. (IMDB)

Jauh sebelum manusia menginjakkan kaki di Pandora, para astronom Bumi setuju untuk menamai planet asing yang mereka temukan dengan nama wanita pertama dari mitologi Yunani. Nama ini sebenarnya sama dengan nama salah satu bulan di planet Saturnus.

Dalam mitologi Yunani sendiri, Pandora adalah nama wanita yang secara tidak sengaja membuka kendi Pithos, sehingga setan di dalamnya terlepas ke dunia.

Untungnya dia berhasil mematikan Pithos sebelum iblis pemuja keinginan itu keluar. Hal inilah yang akhirnya membuat manusia masih memiliki harapan hingga saat ini.

2. Ditemukan Di Pertengahan Abad 21

Avatar The Way of Water. (IMDB)

Meskipun tidak dijelaskan secara eksplisit dalam film Avatar pertama, materi asli dan buku pendukung untuk film tersebut mengungkapkan bahwa astronom manusia pertama kali menemukan keberadaan Pandora sekitar pertengahan abad ke-21.

Penjelajah Bumi pertama kali mendarat di Pandora pada tahun 2084. Lima puluh tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2139, Dr. Grace Augustine dikatakan sebagai manusia pertama yang menginjakkan kaki di Pandora.

3. Planet Paling Mirip Bumi

Avatar - Planet Pandora. (fandom)

Dari sekian banyak planet asing yang ditemukan manusia, Pandora merupakan planet yang paling mirip dengan Bumi. Hal ini terlihat dari keadaan alamnya yang masih lestari dan dapat dihuni oleh banyak makhluk hidup.

Walaupun memiliki kadar karbondioksida yang sangat tinggi manusia harus menggunakan alat bantu pernapasan saat berada di Pandora.

Keadaan di planet tersebut cukup layak untuk ditinggali manusia. Dalam bukunya yang berjudul The Science of Avatar, Stephen Baxter menulis "Gravitasi Pandora adalah sekitar 80% dari gravitasi Bumi. Diameternya sekitar 3/4 Bumi, dengan berat setengahnya."

4. Polifemus 1 dari 14 Bulan

Avatar - Planet Pandora. (fandom)

Meskipun kondisinya kurang lebih mirip Bumi, Pandora sebenarnya bukanlah planet Utama. Sebagai planet yang merupakan Alpha Centauri, galaksi terdekat dengan Bima Sakti, Pandora sebenarnya merupakan bulan dari planet yang lebih besar, yaitu Polyphemus.

Polyphemus sendiri sebenarnya memiliki 14 bulan, termasuk Pandora yang paling mirip dengan Bumi. Sama seperti Pandora, Polyphemus juga dinamai Cyclops raksasa dalam mitologi Yunani. Dimana ia digambarkan sebagai anak dewa Poseidon yang tidak bisa melihat karena Odiseus membutakannya.

5. Kaya Mineral Unobtanium

Avatar - Planet Pandora. (fandom)

Salah satu alasan manusia akhirnya pergi ke Pandora adalah karena tertarik dengan sumber daya alamnya, yaitu Unobtanium. Dengan mendirikan RDA (Administrasi Pengembangan Sumber Daya) di planet Pandora, mereka mulai mengekstraksi Unobtanium dan tidak peduli dengan kerusakan alam.

Unobtanium sendiri bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi terbarukan yang diprediksi mampu menyelamatkan Bumi yang sudah kelebihan populasi. Sedangkan untuk kehidupan di Pandora sendiri, Unobtanium digambarkan sebagai sumber energi mistik yang sangat sakral.

6. Rumah Bangsa Na'vi

Avatar - Planet Pandora. (fandom)

Jika manusia dikenal sebagai makhluk utama Bumi, Na'vi adalah sebutan untuk makhluk utama yang ada di Pandora. Dimana secara umum fisiologi mereka mirip dengan manusia tetapi lebih besar, berekor, dan juga berkulit biru.

Sebagai penduduk asli Pandora, suku Na'vi memiliki suku yang hidup berdampingan dengan alam.

Misalnya suku Omaticaya di film pertama berdampingan dengan Eywa di hutan, lalu Metkayina di film Avatar 2 berdampingan dengan Eywa di lautan. Na'vi dalam film Avatar sendiri menganggap umat manusia sebagai penjajah Pandora.

7. Ada Flora dan Fauna Aneh

Avatar - Planet Pandora. (fandom)

Selain sebagai rumah bagi bangsa Na'vi, di Pandora juga terdapat berbagai macam flora dan fauna yang memiliki penampilan dan cara hidup yang aneh dan menakjubkan.

Untuk faunanya sendiri, mereka adalah kuda yang mengerikan, banshee gunung, Thanatos, serigala viper, dan titanotheres.

Lalu di film Avatar 2 mendatang juga akan ada fauna laut Pandora seperti ilu, skimwing, dan tulkun. Untuk floranya banyak sekali tumbuhan aneh, mulai dari yang beracun hingga yang memberi kehidupan bagi suku Na'vi. Bedanya, di Bumi, tumbuhan di Pandora hidup seperti binatang yang punya akal.

8. Bercahaya Di Malam Hari

Avatar - Planet Pandora. (fandom)

Dari sekian banyak misteri dan keindahan Pandora dalam film Avatar, satu hal yang membuat planet ini sangat menarik adalah ketika bersinar di malam hari.

Meski belum ada lampu dan teknologi canggih seperti di Bumi, alam Pandora telah memberikan penerangan yang cukup dan indah bagi masyarakat Na'vi.

Cahaya umumnya dihasilkan oleh hewan dan tumbuhan yang tubuhnya dapat bersinar dengan sendirinya. Mungkin ini juga yang menjadi alasan kenapa suku Na'vi berkulit biru karena memudahkan mereka berburu di malam hari.

Itulah 8 fakta menarik planet Pandora yang merupakan planet utama dalam film Avatar dan Avatar The Way of Water yang akan datang. 

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

5 Fakta Menarik Satelit Satria, Terbesar di Asia yang Diangkut SpaceX