Selasa, 26 September 2023
Agung Pratnyawan : Kamis, 22 Desember 2022 | 16:50 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Apakah kamu penasaran dengan penyebab konflik klan Senju dan klan Uchiha di Naruto? Dua klan yang jadi cikal bakal Konohagakure namun saling berseteru.

Tak dapat dipungkiri jika permusuhan antara klan Senju dan klan Uchiha di Naruto sudah menjadi persaingan paling sengit di anime tersebut.

Permusuhan antara kedua klan sudah ada sejak berabad-abad yang lalu, akan tetapi bisa dikatakan jika Periode Negara Berperang menjadi puncak dari konflik dua klan besar ini.

Bahkan setelah perdamaian ditengahi antara Senju dan Uchiha, dan kedua klan membentuk Konohagakure, beberapa permusuhan tersembunyi masih tetap ada di hati Uchiha, yang kemudian menghasilkan kudeta gagal dari Klan Uchiha. 

Mengacu pada masalah ini, banyak penggemar tentu penasaran apa yang menyebabkan klan senju dan klan Uchiha ini bermusuhan? Tenang saja, tim Hitekno.com punya informasi soal konflik Klan Senju dan Klan Uchiha berikut ini.

Asal usul permusuhan antara klan Senju dan klan Uchiha

Izuna Uchiha lawan Tobirama Senju. (fandom)

Baik Klan Senju dan Uchiha cukup luar biasa, karena mereka memiliki kemampuan unik yang tidak dapat dicapai oleh klan atau bangsa lain. 

Alasan di balik kekuatan luar biasa ini adalah garis keturunan mereka, yang dapat ditelusuri kembali sejak anak dari Petapa Enam Jalan, Asura Otsutsuki dan Indra Otsutsuki. Senju adalah keturunan langsung Asura, sedangkan Uchiha adalah keturunan Indra.

Di sinilah kebencian antara kedua belah pihak terbentuk, karena Hagoromo, saat sekarat, memilih Asura sebagai penggantinya. Asura lebih percaya oleh ayahnya untuk menciptakan perdamaian melalui cinta adalah ideologi.

Sebagai kakak laki-laki, Indra mengklaim bahwa itu adalah hak kesulungannya untuk menjadi penerus dan melawan Asura, sebuah persaingan yang kemudian hidup melalui garis keturunan masing-masing.

Periode Negara Berperang

Naruto - Pertempuran Klan Senju dan Klan Uchiha. (fandom)

Permusuhan antara Indra dan Asura tersebut berlanjut sampai berabad-abad lamanya. Namun bisa dikatakan Periode Negara Berperang menjadi puncak atas perselisihan yang terjadi antara klan Senju dan klan Uchiha.

Hal tersebut karena kedua klan dikenal di seluruh dunia shinobi sebagai yang terkuat, negara akan mempekerjakan mereka sebagai tentara bayaran untuk melawan negara lain. 

Jika suatu negara akan menyewa Klan Senju, maka negara lawan kemudian akan menyewa Klan Uchiha. Hal ini nyatanya berhasil memperkuat kebencian antar kedua klan tersebut.

Namun, selama periode yang sama, secercah harapan muncul untuk dunia shinobi dalam bentuk Hashirama Senju. Hashirama Senju memiliki Elemen Kayu yang membuatnya jadi karakter tak terkalahkan.

Begitu dia memimpin Klan Senju, peperangan yang terjadi menguntungkan klan ini sehinggaanggota Uchiha mulai memihak Senju dengan harapan akan perdamaian. 

Akhirnya, Madara menyetujui kesepakatan damai juga, tetapi hanya setelah dia tergerak oleh kesediaan Hashirama untuk mati demi perdamaian.

Oposisi di Konohagakure

Naruto - Perdamaian Klan Senju dan Klan Uchiha. (Fandom)

Kedua klan ini baru berdamai setelah Konohagakure terbentuk, namun kebencian muncul kembali ketika Hashirama Senju mengambil alih sebagai Hokage Desa. 

Madara melihat ini sebagai tindakan supremasi Senju karena Desa dibangun oleh mereka berdua.  Dia kemudian memutuskan meninggalkan desa sebagai bentuk protes. 

Setelah kematian Madara, permusuhan berkembang semakin panas karena Uchiha merasa mereka telah ditekan dan diisolasi oleh pemerintah yang dipengaruhi oleh Senju. 

Untuk mendapatkan kembali kekuasaan mereka yang hilang, Uchiha merencanakan untuk menggulingkan pemerintah yang ada melalui kudeta, namun rencana mereka digagalkan oleh mereka sendiri dan klan menemui kematian yang menyedihkan, akhirnya mengakhiri persaingan Senju-Uchiha yang tak berkesudahan.

Zetsu Hitam Menambah Kekacauan

Naruto - Zetsu Hitam. (fandom)

Sebagian besar percaya bahwa persaingan terkenal antara kedua klan adalah karena perbedaan keyakinan dan ideologi, namun ada entitas lain yang bertindak di balik layar, memanipulasi setiap peristiwa untuk keuntungan mereka sendiri. 

Sosok misterius itu tidak lain adalah Black Zetsu , salah satu penjahat yang berulang kali muncul dalam serial tersebut. 

Menjadi manifestasi fisik dari keinginan Kaguya Otsutsuki. Zetsu Hitam ingin bangkit. Dan dia harap, kebangkitannya dapat dicapai melalui pertarungan antara dua klan tersebut.

Dia melakukan cara licik untuk mencapai tujuannya. Salah satunya adalah dengan menulis ulang tablet batu Hagoromo dan memimpin Madara ke sana. 

Dengan mengubah isi tablet, dia mendarah daging di Madara bahwa Uchiha hanya bisa bertahan dengan pertempuran terus-menerus dengan Senju, karena jika tidak, klan tersebut akan menemui ajalnya.

Dengan premis ini, Zetsu Hitam memastikan bahwa perdamaian tidak akan pernah ada di antara kedua klan, dan keretakan yang telah lama melanda mereka tidak akan pernah berhenti.

Itulah pembahasan soal Konflik Klan Senju dan Klan Uchiha yang berujung perseteruan abadi di Naruto.

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

Urutan 5 Anggota Akatsuki dari yang Terlemah hingga Terkuat, Itachi Bukan Nomor 1