Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 02 Januari 2023 | 14:17 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ulang tahun Eiichiro Oda kreator One Piece sedang ramai dirayakan para penggemar karyanya. Simak profil Eiichiro Oda, mangaka sukses yang terkenal dengan imajinasi dunia menakjubkan.

Selama ini Eiichiro Oda dikenal sebagai seorang mangaka atau pembuat manga. Karya terbesarnya kini adalah One Piece yang mendapatkan seri lebih dari 1070 chapter.

Kesuksesan One Piece juga ditunjang dengan adaptasi anime yang tidak kalah sukses dari manganya. Namun siapa sebenarnya pria ini? SImak profil Eiichiro Oda yang dirangkum tim HiTekno.com berikut ini.

Profil Eiichiro Oda 

One Piece - Eiichiro Oda dan Luffy. (ist)

Eiichiro Oda lahir pada 1 Januari 1975 di Kumamoto, Jepang. Lelaki yang menikahi Chiaki Inaba tersebut baru saja berulang tahun yang ke-48 tahun, sehingga banyak penggemar anime yang mencari profil Eiichiro Oda.

Eiichiro Oda diketahui memulai membuat One Piece sejak usianya masih 19 tahun. Dunia One Piece tercipta karena impian masa kecilnya yang ingin menjadi bajak laut dan seniman manga.

Minatnya pada dunia bajak laut dipicu oleh serial animasi TV berjudul Vicky the Viking.

Saat usianya menginjak 17 tahun, Eiichiro Oda menyerahkan karyanya yang berjudul Wanted! dan berhasil menyabet berbagai penghargaan, termasuk Tezuka Award.

Berkat hal itu, lelaki yang akrab disapa Oda Sensei tersebut bekerja sebagai asisten Shinobu Kaitani di Weekly Shonen Jump, sebelum pindah ke Masaya Tokuhiro.

Kemudian pada usianya 19 tahun, Oda Sensei mulai bekerja sebagai asisten Nobuhiro Watsuki di Rurouni Kenshin sebelum memenangkan Hop Step Award untuk seniman manga baru.

Pada periode ini, Oda menggambar manga bertema bajak laut berjudul Romance Dawn yang terbit pada akhir 1996. Romance Dawn menjadi bibit One Piece karena memiliki karakter utama bernama Monkey D Luffy.

One Piece - Bajak Laut Topi Jerami. (twitter/ Eiichiro_Staff)

Pada 1997, Oda Sensei berhasil merilis edisi kedua dari Romance Dawn di Weekly Shonen Jump. Ini adalah awal mula One Piece yang pertama kali muncul di Weekly Shonen Jump volume 34. Oda Sensei pun mengubah judul Romance Dawn menjadi One Piece. Sementara itu, Romance Dawn versi ketiga muncul di One Piece RED: Grand Character.

Jalan cerita yang bagus membuatnya tidak hanya menjadi salah satu manga paling populer di Jepang, tetapi juga terlaris sepanjang masa. Tercatat pada Maret 2019, itu telah mencapai 450 juta cetak.

Pada 1998, Eiichiro Oda membuat desain OVA pertamanya. Kemudian pada 1999, Toei Animation mengakuisisi One Piece bersama dengan beberapa kolaborator.

Berbeda dengan prestasinya yang memukau, kehidupan pribadi Oda Sensei sendiri cukup misterius. Ia menikahi Chiaki Inaba yang menjadi pemeran Nami selama pertunjukan Pentas Jump Festa pada 2002. Kabarnya, keduanya mulai berkencan ketika acara tersebut kemudian menikah dua tahun setelahnya.

Oda Sensei dan sang istri diketahui memiliki dua orang putri yang masing-masing lahir pada 1006 dan 2009. Meski rumah tangganya sangat tertutup, tetapi tidak pernah terdengar kabar kontroversi.

Ode Sensei sendiri pernah jatuh sakit pada April 2006 dan membuat perilisan One Piece terhambat. Tak ingin kalah dari penyakitnya, Oda Sensei segera mengejar ketinggalannya setelah sembuh.

Karakter One Piece sendiri memiliki bentuk berbagai macam rupa. Oda Sensei mengaku memiliki trik tersendiri saat membuat karakter di dalam One Piece. Ia akan bertanya kepada dirinya sendiri, "Apa yang dikatakan karakter ini?"

Dengan begitu, Oda Sensei mampu membangun karakter yang diciptakannya. Untuk saat ini, Oda sendiri belum memutuskan berapa jumlah pasti kru bajak laut Topi Jerami, meskipun ia merasa 10 adalah jumlah yang tepat.

Hingga saat ini, One Piece telah memiliki 1045 episode untuk anime dan petualangan Luffy cs masih berlangsung di tangan Eiichiro Oda. Sedangkan manga telah mencapai lebih dari 1070 chapter.

Itulah profil Eiichiro Oda, kreator One Piece yang habis merayakan ulang tahunnya. Selamat ulang tahun Eiichiro Oda. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

Spoiler One Piece 1087: Im Sama dan Gorosei Penguasa Buah Iblis?