Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 03 Januari 2023 | 20:28 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Siapa yang menciptakan Sharingan di dunia Naruto? Kekuatan yang menjadi ciri khas anggota klan Uchiha ini banyak ditakuti di Naruto. Ketahui dari mana asal usul Sharingan ini.

Kalau kamu adalah penggemar anime Naruto, maka kamu pasti sudah tak asing lagi dengan apa yang namanya Sharingan.

Sharingan adalah batas garis keturunan atau Dojutsu Kekkei Genkai, yang secara harfiah berarti "Mata Roda Salinan" atau "Mata Roda Cermin".

Mata Sharingan adalah Dojutsu turun-temurun khas dari klan Uchiha. Namun, mereka tidak eksklusif untuk klan karena mereka dapat dipindahkan ke orang lain oleh seorang Uchiha.

Selama ini, Kaguya Otsutsuki dianggap sebagai "penemu" Sharingan. Namun tahukah kamu, Kaguya sebenarnya tak benar-benar membuat Sharingan dari awal.

Bisa dikatakan, Sharingan tidak pernah benar-benar dibuat tetapi diperoleh dari Rinne Sharingan Kaguya Otsutsuki, yang kemudian diturunkan ke klan Uchiha. 

Bersama dengan Byakugan dan Rinnegan, Sharingan diklasifikasikan sebagai salah satu dari Tiga Dojutsu Besar.

Lalu Sebenarnya, Siapa yang Menciptakan Sharingan?

Boruto - Sarada Uchiha menggunakan Sharingan. (fandom)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Sharingan merupakan jutsu keturunan yang berasal dari Rinne Sharingan milik Kaguya Otsutsuki. 

Ketika pengguna kekkei genkai ini mengalami keadaan emosi yang kuat, otak mereka melepaskan chakra khusus yang mempengaruhi saraf optik, mengubah mata menjadi Sharingan. 

Oleh karena itu, Sharingan digambarkan sebagai mata yang mencerminkan hati penggunanya di Naruto. Sebelum kita mengetahui tentang siapa yang menciptakan Sharingan, tentu saja akan lebih baik jika kita ketahui dahulu asal usul Sharingan.

Dengan demikian, kita akan memiliki benang merah yang lurus tentang siapa yang menciptakan Sharingan ini.

Asal Usul Sharingan

Naruto - Mangekyo Sharingan. (fandom)

Kemampuan asli Sharingan diperoleh dari Rinne Sharingan milik Kaguya Otsutsuki. Awalnya, Kaguya menyerap pohon dewa dan mampu melakukan Tsukuyomi Tak Terbatas.

Ternyata seluruh proses tersebut berhasil membangunkan Sharingannya.

Meski demikian, Kaguya bukan karakter pertama yang berhasil menggunakan Sharingan. Ialah Hagoromo Otsutsuki yang ternyata menjadi salah satu Shinobi pertama pengguna Sharingan dalam bentuk independennya.

Jadi bisa dikatakan jika yang menciptakan Sharingan (jika dilihat dari bentuk independennya) adalah Hagoromo Otsutsuki.

Dari mana Hagoromo Otsutsuki mendapatkan bentuk independen Sharingan? tentu saja dari ibunya, Kaguya, yang juga dikenal sebagai Bunda Chakra.

Akan tetapi, Hagoromo Otsutsuki baru bisa membangkitkan Sharingannya ketika dia melihat Haori yang dicintainya mati untuk mengorbankan dirinya demi Pohon Ilahi.

Sharingan Hagoromo Otsutsuki berkembang dari waktu ke waktu, menjadi Mangekyou Sharingan dan kemudian Rinnegan saat kekuatannya meningkat. 

Dia akan mengajari semua orang tentang chakra dan mendapatkan pengakuan sebagai Sage of Six Paths. Belakangan, Indra Otsutsuki, putra Hagoromo Otsutsuki, menerima Sharingan setelah kematiannya.

Hagoromo Otsutsuki. (fandom)

Indra adalah orang yang menyatakan perang melawan saudaranya, Asura Otsutsuki, karena balas dendam dan kebencian menguasai dirinya. Dia bahkan membunuh dua pengikutnya untuk mendapatkan Mangekyou Sharingan.

Perang berlanjut selama berabad-abad, dan Indra dan Asura akhirnya menurunkan klan mereka masing-masing yang dikenal sebagai klan Uchiha dan Senju.

Setelah bertahun-tahun kebencian dan pertempuran, dua anggota dari kedua klan, Madara Uchiha dan Hashirama Senju, membentuk Desa Daun Tersembunyi sebagai bagian dari perjanjian damai mereka.

Selama perang, Madara Uchiha adalah Uchiha pertama yang menggunakan Mangekyou Sharingan Abadi, karena ia adalah orang pertama yang mendapatkannya. 

Belakangan, terlihat beberapa anggota klan Uchiha yang mengaktifkan dan menggunakan Sharingan mereka di sepanjang serial Naruto 

Menyusul serangan Rubah Ekor Sembilan di Desa Daun Tersembunyi, klan Uchiha hampir punah karena Itachi Uchiha disuruh membunuh setiap Uchiha di desa. 

Namun, dia tidak bisa membunuh saudaranya dan meninggalkannya di desa untuk bergabung dengan Akatsuki.

Setelah itu, hanya Itachi, Obito, dan Sasuke Uchiha yang tersisa sebagai tiga anggota klan yang tersisa. Akibatnya, Sharingan hanya dimiliki oleh Itachi, Obito, Sasuke, Kakashi Hatake, dan Danzo Shimura selama jangka waktu tersebut.

Dalam manga Boruto: Naruto Next Generations, satu-satunya anggota Uchiha yang memiliki Sharingan adalah Sarada Uchiha, yang berusaha sekuat tenaga untuk belajar dan tumbuh, dan ayahnya, Sasuke Uchiha.

Itulah penjelasan soal asal usul Sharingan dan siapa yang menciptakan Sharingan di dunia Naruto.

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

Naruto: 7 Quote Terbaik Sasuke Uchiha untuk Bangkitkan Semangat Hidup