Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 24 Januari 2023 | 13:38 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pada episode 2 The Last of Us, kita disajikan kemunculan Ratna Pertiwi yang memeriksa korban pertama dari wabah Cordyceps di Jakarta, Indonesia.

Dari sana muncul anggapan apakah wabah Cordyceps dimulai atau berasal dari Indonesia. Wabah yang akhirnya meluas ke berbagai wilayah secara cepat.

Berbeda dari The Last of Us versi game, dalam serial HBO ini kemunculan wabah tersebut pertama kali ditemukan di Jakarta, Indonesia.

Sedangkan versi game, kita disajikan cerita asal muasal fungus tersebut dari Amerika Selatan. Hal ini diduga adanya perubahan dalam adaptasi serial HBO tersebut.

Bukan tanpa alasan kenapa Jakarta disebut-sebut menjadi lokasi awal penyebaran wabah Cordyceps dalam The Last of Us.

Berikut ini ada alasan kenapa Indonesia jadi tempat yang cocok sebagai awal penyebaran wabah Cordyceps di The Last of Us:

Asia Surga Jamur

The Last of Us - Ratna Pertiwi. (HBO)

Sebagai informasi, Asia merupakan tempat terbaik untuk jamur atau fungus tumbuh. Dan jamur Cordyceps sendiri memang nyata adanya di dunia kita.

Cordyceps dikenal sebagai jamur yang menginfeksi dan menyerang serangga hingga hewan beruas atau arthropoda seperti udang hingga laba-laba.

Seperti dalam The Last of Us, jamur ini di dunia nyata akan hinggap ke makhluk hidup lain sebagai inangnya dan mengendalikannya.

Dalam episode 1 serial HBO tersebut, kita dijelaskan oleh Professor Neumann soal Cordyceps yang akan mengambil alih dan menghabisi inangnya.

Di Asia sendiri Cordyceps menjadi salah satu ratusan jenis jamu yang ditemukan. Biasanya ditemukan di wilayah hutan dan bercuaca panas.

Iklim yang Sesuai

The Last of Us - Jakarta. (HBO)

Indonesia, khususnya Jakarta adalah wilayah panas. Selain hutan, kondisi tersebut cocok untuk bertumbuh kembang jamur.

Dalam serial HBO tersebut, kita dijelaskan oleh seorang pejabat militer jika wabah ini awalnya ditemukan di wilayah arat Jakarta.

Tepatnya dari sebuah pabrik tepung dan gabah di lokasi tersebut. Hal ini juga dijelaskan oleh Ratna Pertiwi di episode 2.

Pihak militer setempat meminta ahli mikologi ini untuk meneliti dan mencari jalan untuk menghindari penyebaran wabah tersebut.

Namun siapa sangka, setelah meneliti korban wabah tersebut ia malah menyarankan untuk mengebom seluruh kota dan membunuh semua orang di sana.

Populasi Tinggi Jadi Penyebar Wabah yang Cepat

The Last of Us - Jakarta. (HBO)

Populasi Jakarta yang sangat padat akan membuat penularan wabah ini semakin cepat. terlebih makin banyaknya interaksi antar penduduk di kota tersebut.

Itu baru Jakarta, belum lagi Indonesia yang menjadi salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia saat ini.

Seperti dalam serial HBO tersebut, kita dijelaskan dalam waktu kurang dari 48 jam sudah terjadi peningkatan korban. Dari 3 orang menjadi 14 orang.

Jadi jika dibandingkan Amerika Selatan, Jakarta menjadi tempat yang cocok bagi penyebaran wabah Cordyceps seperti dalam serial The Last of Us.

BACA SELANJUTNYA

Heboh Muncul Kasus Jamur Tanaman Menginfeksi Manusia, Efeknya Bikin Ngeri