Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 11 Februari 2023 | 12:41 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Hagoromo Otsutsuki adalah karakter penting di universe Naruto, anak dari Kaguya Otsutsuki yang mewariskan berbagai kekuatan ninja. Namun siapa ayah Hagoromo Otsutsuki jika ibunya adalah Kaguya?

Dalam universe Naruto, ternyata ayah Hagoromo Otsutsuki adalah seorang manusia biasa. Bukan makhluk luar angkasa seperti Kaguya Otsutsuki, ibunya.

Asal usul klan Otsutsuki pertama kali diperkenalkan di akhir seri, dimana kita mengenal Kaguya Otsutsuki sebagai karakter Naruto yang sangat kuat.

Selain Kaguya, Kishimoto juga kemudian memperkenalkan Otsutsuki lain yang pernah ada di bumi dimana salah satunya adalah Hagoromo Otsutsuki. 

Hagoromo Otsutsuki memiliki pengaruh yang sangat besar di dunia shinobi, dimana secara tidak langsung ia menjadi "pencipta" shinobi. 

Berbicara mengenai Hagoromo Otsutsuki, diketahui bahwa ia adalah anak dari Kaguya Otsutsuki. Lalu, siapa ayah Hagoromo Otsutsuki jika ibunya adalah Kaguya?

Siapa Hagoromo Otsutsuki 

Hagoromo Otsutsuki. (fandom)

Hagoromo Otsutsuki atau biasa dikenal dengan Rikkudo Sennin merupakan salah satu karakter terkuat di franchise Naruto. 

Ia adalah anak pertama dari Kaguya Otsutsuki, juga dianggap sebagai salah satu karakter terkuat di antara klan Otsutsuki.

Sejak kecil, Hagoromo Otsutsuki sudah menjadi sosok yang kuat yang dibuktikan dengan adanya Doujutsu Rinnegan di matanya.

Dengan kemampuan yang dimilikinya dan Rinnegan di matanya, Hagoromo tidak ada tandingannya. Bahkan kemampuannya membuat Kaguya Otsutsuki merasa terancam. 

Salah satu contoh kekuatannya adalah ketika ia menciptakan bulan dengan menggunakan teknik Chibaku Tensei. 

Hagoromo telah bertarung melawan ibunya yang berusaha mencuri kekuatannya dan juga adiknya, Hamura Otsutsuki.

Pertarungan mereka berlangsung selama tiga bulan, setelah itu Hamura dan Hagoromo berhasil menyegel Kaguya. 

Hagoromo Otsutsuki sendiri kemudian menjadi Jinchuuriki pertama, dimana ia menjadi wadah bagi monster berekor 10 yang dibangkitkan oleh Kaguya. 

Sebelum kematiannya, dia telah membagi chakra monster itu menjadi sembilan yang kemudian dikenal sebagai Bijuu alias Monster Berekor.

Hagoromo Otsutsuki sekali lagi muncul selama perang ninja besar keempat, di mana Rikkudo Sennin muncul di alam bawah sadar Naruto dan Sasuke. 

Setelah berdiskusi panjang lebar, akhirnya Hagoromo Otsutsuki memberikan sebagian kekuatannya kepada Naruto dan Sasuke. 

Hal inilah yang kemudian membuat mereka berdua akhirnya memiliki cakra Six Paths.

Figur Ayah Hagoromo Otsutsuki

Naruto - Tenji. (fandom)

Dengan sosok yang begitu kuat, para geek tentu saja penasaran dengan asal-usul Hagoromo Otsutsuki.

Kita sudah tahu siapa ibunya yang tidak lain adalah Kaguya Otsutsuki. Lalu, siapa ayah Hagoromo? 

Rupanya, ayah Hagoromo bukanlah bagian dari klan Otsutsuki.  Ia hanyalah manusia biasa, yang bernama Tenji. 

Siapakah Tenji sebenarnya? Lalu bagaimana dia bisa bertemu Kaguya?

Saat Kaguya Otsutsuki dikirim ke Bumi untuk memanen buah chakra, ternyata ia memiliki perasaan lain terhadap planet ini. 

Dia jatuh cinta dengan bumi dan juga manusia. Selain itu Kaguya juga jatuh cinta dengan manusia bumi bernama Tenji. Ia adalah pemimpin Land of Ancestors. 

Ketika Tenji pertama kali bertemu dengan Kaguya, saat itu wilayahnya sedang berperang dengan wilayah lain terkait hak kepemilikan wilayah.

Tidak seperti musuh-musuhnya, Tenji mencoba untuk tidak menyelesaikan semuanya dengan kekerasan, tetapi dengan perdamaian dan negosiasi. 

Saat bertemu Kaguya Otsutsuki, Tenji terkejut saat mengetahui bahwa Kaguya berasal dari planet lain. 

Bagaimana Tenji yang cinta damai membuat Kaguya Otsutsuki jatuh cinta juga menjadi alasan kenapa dia suka hidup di bumi.

Tenji pun membiarkan Kaguya Otsutsuki tinggal di wilayahnya, dan ia pun mulai jatuh cinta pada Kaguya. 

Perselisihan besar sempat terjadi, ketika Tenji terlalu mencintai Kaguya Otsutsuki dan dia juga mengancam akan melakukan kekerasan terhadap para pengikutnya jika mereka merusak perdamaian yang telah dibangunnya. 

Kesal dengan hal tersebut, sebagian besar anak buahnya mencoba membunuh Kaguya Otsutsuki yang tidak menghasilkan apa-apa karena kekuatan yang terlalu besar.

Konflik pun terjadi antara Tenji dan pengikutnya dan Kaguya Otsutsuki. Setelah memakan buah chakra tersebut, Kaguya Otsutsuki kemudian menggunakan Tsukuyomi Tak Terbatas. 

Tenji sendiri tidak menyadari bahwa saat itu Kaguya Otsutsuki sedang mengandung anaknya. 

Sayangnya, Masashi Kishimoto sendiri tidak memberikan petunjuk yang jelas mengenai kapan Kaguya Otsutsuki melahirkan anaknya.

Pengaruh Tenji di Dunia Shinobi

Naruto - Kaguya Otsutsuki dan Tenji. (fandom)

Berdasarkan penjelasan di atas, sosok Tenji secara tidak langsung bertanggung jawab atas dua hal. 

Yang pertama adalah munculnya klan Kaguya. Kedua, dia secara tidak langsung bertanggung jawab atas lahirnya dunia shinobi. 

Sesuai dengan namanya, klan Kaguya merupakan klan yang merupakan keturunan dari Kaguya Otsutsuki. Namun seperti kelahiran Hagoromo Otsutsuki dan Hamura Otsutsuki, tidak diketahui kapan klan ini terbentuk.

Ada banyak spekulasi bahwa klan ini mungkin terbentuk setelah Kaguya melahirkan Hagoromo dan Hamura. 

Klan Kaguya sendiri saat ini sudah punah, dengan karakter Kimimaro menjadi keturunan terakhirnya. 

Selain lahirnya klan Kaguya, Tenji juga secara tidak langsung mempengaruhi lahirnya dunia shinobi. Ini terjadi setelah dia menjadi ayah dari Hagoromo dan Hamura.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Hagoromo dianggap sebagai dewa bagi dunia shinobi karena dialah yang melahirkan berbagai hal tentang shinobi. 

Mulai dari konsep chakra, berbagai Jutsu, bahkan hingga penampilan Jinchuuriki dan para Bijuu. 

Jika tidak ada Hagoromo, mungkin tidak akan ada dunia shinobi. 

Pasalnya, Kaguya sendiri sudah muak dengan manusia yang sering berperang dan berusaha menghancurkannya.

Itulah penjelasan siapa ayah Hagoromo Otsutsuki dalam universe Naruto. Yang ternyata adalah Tenju, pria yang dicintai Kaguya Otsutsuki.

BACA SELANJUTNYA

5 Mangaka Terkenal Sepanjang Jaman: Mulai dari Era 90-an dari Berbagai Genre