Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 19 Maret 2023 | 08:58 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kementerian Keuangan atau Kemenkeu kembali jadi sorotan publik. Kali ini terkait dengan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu yang mengenalkan maskot barunya dengan gaya karakter anime.

Yup bukan karena harta kekayaan atau kasus lainnya, melainkan karena maskot bergaya karakter anime yang dikenalkan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu.

Sayangnya maskot Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu yang dinamakan Nindy tersebut disebut-sebut telah menjiplak karakter anime.

Dugaan jiplak karakter anime @otaku_anime_ind yang membuat thread dan mengunggah gambar karakter anime Jepang yang dijadikan maskot contact center lembaga tersebut dan diberi nama Nindy.

"DJPb kehadiran waifu cantik bernama 'Nindy' yang siap menemani contact center DJPb," tulis akun tersebut seperti dikutip, Jumat (17/3/2023).

Kemudian thread tersebut pun di-retweet oleh akun lainnya yang membagikan beberapa foto di mana membandingkan karakter Nindy dengan karakter anime Jepang.

Hanya saja, karakter Nindy berambut kehitaman, sedangkan anime Jepang memilik rambut warna putih.

Perbedaan Maskot Contact Center Ditjen Perbendaharaan Kemenkeu dengan Karakrer Anime (twitter/ matsumoto_yuuna)

Ketahuan menjiplak, Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu pun langsung meminta maaf, karena karakter contact center-nya sangat mirip anime Jepang.

Selain itu, lembaga itu juga telah meniadakan karakter Nindy sebagai maskot contact center.

"HAI DJBC mohon maaf terkait adanya kemiripan karakter Nindy dengan ilustrasi lainnya. Izinkan MinHAI menyampaikan bahwa layanan contact center HAI DJPb menjunjung tinggi orisinalitas sebuah karya. Oleh karena itu, MinHAI memohon maaf dan berkomitmen untuk lebih teliti ke depannya," tulis DJPb.

Itulah keramaian maskot Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu yang dituduh menjiplak karakter anime. Kini Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu telah menarik gambar Nindy sebagai maskot mereka. (Suara.com/ Achmad Fauzi)

BACA SELANJUTNYA

Banyak yang Belum Tahu, 5 Karakter Anime Ini Ternyata dari Indonesia