Sabtu, 27 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 02 Mei 2023 | 07:38 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Cross Guild baru dikenalkan pada penghujung Arc Wano, namun siapa sangka kalau Eiichiro Oda sudah memberi petunjuk dari awal One Piece ada.

Bahkan di manga One Piece chapter 0, sudah ada petunjuk yang diberikan Eiichiro Oda soal Cross Guild .

Satu hal yang dipuji banyak penggemar dan juga berbagai pihak lainnya dari kreator One Piece, Eiichiro Oda, adalah bagaimana ia mampu membungkus jalan cerita dengan sangat menarik dan mengejutkan.

Seringkali, penggemar tidak menyadari bahwa apa yang terjadi pada sebuah cerita atau arc sebenarnya telah diberi petunjuk sejak lama. 

Petunjuk tersebut biasanya muncul dalam berbagai bentuk, misalnya berupa gambar atau tulisan atau jawaban dari Oda Sensei. 

Dan salah satu bukti konkritnya adalah bagaimana sebenarnya Eiichiro Oda memberi petunjuk tentang Cross Guild dari One Piece chapter 0.

Cross Guild di One Piece

One Piece - anggota Cross Guild. (fandom)

Cross Guild sendiri merupakan grup organisasi baru yang diperkenalkan di dunia One Piece. 

Grup ini pertama kali muncul setelah arc Wano ketika Eustass Kid menjelaskan bahwa dunia saat ini sedang dihebohkan dengan munculnya grup baru yaitu Cross Guild. 

Kelompok ini berbeda dari yang lain, karena mereka adalah kelompok pertama yang memburu marinir.

Mereka juga memiliki sistem hadiah atau bounty sendiri, yang telah dijelaskan di beberapa bab terakhir. Menurut narasi, satu bintang angkatan laut harganya 100 juta Belly. 

Dan semakin tinggi rank atau popularitas seorang marinir, semakin tinggi pula nilai permainan mereka. Sejauh ini baru diketahui ada satu korban dari Cross Guild seperti yang diperlihatkan pada chapter One Piece 1082, yaitu T-Bone.

Cross Guild benar-benar menimbulkan ancaman yang berbeda dan nyata dengan keberadaan mereka. Bahkan, di chapter 1082 Sengoku juga mengatakan bahwa ancaman Cross Guild kini semakin nyata dengan kematian T-Bone. 

Dan jika tidak segera ditangani, bukan tidak mungkin Cross Guild akan merajalela. Yang menarik sebenarnya Cross Guild belum banyak bergerak.

Dalam ceritanya sendiri Cross Guild hanya muncul beberapa kali saja dan belum terlihat terlibat dalam event-event penting apapun.  

Mereka cenderung diam dan menunggu situasi muncul. Meski begitu, reputasi tinggi para anggotanya bisa dikatakan sangat membantu membuat Cross Guild berkembang pesat dan besar. Mereka adalah Dracule Mihawk, Crocodile, dan Buggy.

Dan yang juga menarik adalah Crocodile dan Mihawk ternyata memiliki tujuan yang tidak ada hubungannya dengan bajak laut. 

Di One Piece chapter 1081 Crocodile mengatakan bahwa dia ingin menggunakan Cross Guild untuk membangun negara impiannya. 

Namun, Buggy tidak setuju dengan itu dan mereka harus tetap fokus untuk menemukan One Piece.

Petunjuk Eiichiro Oda Tentang Cross Guild

Petunjuk Eiichiro Oda soal Cross Guild. (hitlava)

Berbicara mengenai Cross Guild, mungkin banyak dari para geek yang tidak mengetahui bahwa sebenarnya Eiichiro Oda telah memberi petunjuk tentang kemunculan grup ini bahkan sejak chapter 0.

Pada chapter 565.5 atau yang biasa disebut dengan chapter 0 para penggemar diperlihatkan momen-momen yang terjadi 20-25 tahun yang lalu sebelum petualangan Monkey D. Luffy dimulai.

Bab ini menunjukkan bagaimana situasinya terjadi tiga tahun sebelum Zaman Bajak Laut dimulai. Shiki diperlihatkan bertarung melawan Gol D. Roger. Monkey D. Garp dan Sengoku juga membahas hal ini. 

Shiki sendiri kalah dalam pertarungan tersebut dan ceritanya kemudian muncul dua tahun setelah kejadian tersebut.

Menariknya, manga One Piece chapter ini juga memperlihatkan momen eksekusi Gol D. Roger di kawasan Loguetown.  

Banyak tokoh penting tampak menyaksikan eksekusi tersebut. Misalnya Monkey D. Dragon, Gecko Moria, Crocodile, Dracule Mihawk, Buggy, Shanks, bahkan Donquixote Doflamingo.

Beberapa karakter One Piece ini tampaknya ditampilkan di panel yang sama. Mereka adalah Buggy, Mihawk, dan Crocodile. 

Entah sengaja atau tidak ketiga karakter tersebut saat ini tergabung dalam grup Cross Guild. Beberapa geek mungkin berpikir bahwa ini kebetulan. Namun, rasanya itu lebih dari sekadar kebetulan. 

Dengan kata lain, panel tersebut sudah lama menjadi panduan dari Eiichiro Oda untuk membentuk grup Cross Guild.

Bergabung dengan Karakter Lain

One Piece - Cross Guild. (fandom)

Seperti disebutkan di atas, ancaman saat ini dari Cross Guild semakin besar dan semakin besar yang membuat angkatan laut semakin waspada. 

Meski sejauh ini baru tiga orang yang tergabung dalam grup tersebut, namun para penggemar sendiri banyak berdiskusi tentang karakter lain yang akan bergabung dengan grup menarik ini.

Jika kemudian kita balapan di panel yang muncul di chapter 0, berarti akan ada dua karakter lain yang akan bergabung. Mereka adalah Donquixote Doflamingo dan juga Gecko Moria. 

Sebenarnya, diskusi mengenai kemungkinan Doflamingo bergabung dengan Cross Guild sudah cukup lama beredar. Namun, saat ini, dia masih terkurung di Impel Down. Meski begitu, bukan tidak mungkin memang jika dia akan lolos dari penjara. 

Namun, kandidat yang paling mungkin untuk bergabung adalah Gecko Moria. Mantan Shichibukai ini sebelumnya pernah dikalahkan dan dipenjarakan di Pulau Sarang Lebah. 

Namun, bab terakhir menunjukkan bagaimana Koby membantu Perona membebaskan Moria. Akankah Doflamingo dan Moria bergabung?

Itulah pembahasan soal Cross Guild yang ternyata sudah diberikan petunjuk oleh Eiichiro Oda sejak One Piece chapter 0.

BACA SELANJUTNYA

Sinopsis One Piece Live Action, Siap Tayang 31 Agustus 2023