Minggu, 21 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Senin, 12 Juni 2023 | 11:43 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ketika berbicara tentang anime tema olahraga, maka Blue Lock dan Haikyuu akan masuk ke dalam dua daftar teratas yang kamu sebut.

Ya, kedua anime ini memang mengusung tema yang sama, yakni tentang dunia olahraga. Bedanya, Blue Lock berfokus pada sepak bola dan Haikyuu pada bola voli.

Salah satu alasan kedua anime ini merengkuh popularitas yang begitu besar yakni karena  Blue Lock dan Haikyuu memiliki karakter dan alur cerita yang unik dan beragam.

Meski demikian di beberapa kelompok penggemar, banyak yang mengatakan jika Blue Lock sangat mirip dengan Haikyuu karena beberapa hal.

Buat kamu yang peansaran di mana miripnya, berikut adalah lima kesamaan antara Blue Lock dengan Haikyuu:

Blue Lock. (IMDB)

1. Kesamaan Alur Cerita

Kesamaan pertama terletak pada alur. Kedua serial tersebut menampilkan protagonis yang sangat menyukai olahraga dan ingin menjadi yang terbaik di posisinya. 

Dalam Blue Lock, Yoichi Isagi adalah penyerang sepak bola sekolah menengah atas yang bergabung dalam proyek kontroversial yang dirancang untuk menciptakan penyerang paling egois di dunia di Jepang.

Sementara di Haikyuu, Shoyo Hinata adalah seorang spiker sekolah menengah yang bercita-cita menjadi seperti idolanya, "Raksasa Kecil", pemain legendaris yang dikenal karena tinggi dan kemampuan melompatnya.

2. Menitikberatkan pada pentingnya kerjasama tim

Kedua seri memiliki banyak karakter dengan beragam sifat. Masing-masing karakter digambarkan dengan kepribadian, keterampilan, dan latar belakang mereka sendiri. 

Karakter membentuk ikatan dan persaingan satu sama lain, baik di dalam maupun di luar tim mereka.

Beberapa karakter terkenal dalam serial Blue Lock adalah Meguru Bachira , Nagi Seishiro, Hyoma Chigiri, Itoshi Rin, dan lainnya.

Sementara karakter terkenal di anime Haikyuu adalah Tobio Kageyama, Daichi Sawamura, Koshi Sugawara, Asahi Azumane, dan Kei Tsukishima.

3. Mengajarkan mentalitas pantang menyerah

Sebagai anime bertema olahraga, baik Blue Lock dan Haikyuu sama-sama menampilkan pertandingan yang intens. Tim sepak bola dan voli di anime ini sering bertemu dengan tim-tim lain yang membuat mereka mendapatkan pelajaran penting. Salah satunya soal strategi.

Karena setiap pertandingan punya tantangan tersendiri, kedua tim ini akan menyusun strategi yang bisa membuat tim mereka unggul.

Tak jarang, pertandingan seringkali ditentukan dengan selisih tipis, dengan para pemain memberikan segalanya untuk menang. 

Pengalaman ini juga berfungsi sebagai cara karakter untuk tumbuh dan mengatasi kelemahan mereka dan menjadi pemain yang lebih baik.

Haikyuu - Hinata Shoyo. (fandom)

4. Latihan intensif dan informasi tentang dunia sepak bola dan bola voli

Kedua serial tersebut menggambarkan dunia sepak bola dan bola voli secara realistis dan mendetail, dengan aturan, teknik, dan terminologi yang akurat.

Mereka juga menjelaskan peran dan tanggung jawab masing-masing posisi, seperti setter, spiker, libero, defender, striker, dan kiper. Keduanya menyoroti pentingnya kerja tim, komunikasi, dan koordinasi dalam olahraga.

Kedua anime ini juga mengajarkan kepada Otaku untuk sedikit mengenal istilah-istilah di dunia sepak bola dan bola voli.

5.  Animasi dan gaya seni berkualitas tinggi

Kedua anime ini dibuat dengan tidak main-main. Baik Haikyuu ataupun Blue Lock memiliki animasi dan gaya seni berkualitas tinggi yang menangkap gerakan dan ekspresi karakter serta aksi pertandingan. 

Animasinya lancar dan dinamis, dengan transisi dan sudut yang halus membuat kedua anime ini menghadirkan tontonan yang sangat nyata.

Itulah lima kesamaan antara Blue Lock dan Haikyuu. Menurutmu semirip itukah?

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

Link Nonton Kimetsu no Yaiba Season 3 Episode 11, Pasti Aman