Jum'at, 26 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Praba Mustika : Jum'at, 22 Juni 2018 | 13:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Siapa yang gak kenal sama teknologi yang namanya bluetooth? Itu lho teknologi yang memungkinkan kita untuk bertukar file ataupun data tanpa kabel dengan waktu yang cukup cepat.

Dalam perkembangannya pun, bluetooth juga digunakan pada berbagai gadget seperti mouse, headphone juga speaker.

Tapi kamu udah tahu belum, sejarahnya? Berawal dari terlalu banyaknya model dan jenis kabel yang digunakan untuk menghubungkan modem atau ponsel ke laptop, ilmuwan Intel bernama Jim Kardach kemudian menggagas ide membuat "kabel" pengganti untuk bisa digunakan secara mudah, murah dan universal.

pixabay.com

Nama bluetooth sendiri, diambil atau terinspirasi dari seorang raja yang memimpin Denmark dan Norwegia pada abad ke 10, bernama Harald Blatand (Bluetooth dalam bahasa Inggris).

Dikutip dari eetimes.com, Jim Kardach menjelaskan "Raja Harald telah menyatukan Denmark dan menurutku itu akan jadi nama program yang bagus, sebagaimana kita ingin menyatukan PC dengan ponsel dengan koneksi nirkabel jarak dekat"

Kalau nama bluetooth terinspirasi dari sang raja, maka logo bluetooth yang kita kenal selama ini juga diambil dari kebudayaan bangsa Viking.

thewestologist.com

Logonya adalah gabungan dari huruf H dan B yang merupakan inisal dari nama sang raja dari aksara "runes" yang merupakan aksara kuno bangsa Viking.

BACA SELANJUTNYA

5 Tips Mudik untuk Pengguna Gadget, Pantang Diabaikan