Rabu, 24 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Sabtu, 30 Juni 2018 | 12:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ketika kita akan pulang ke rumah seringkali kita terjebak macet dalam perjalanan. Selain karena memang bertepatan dengan jam pulang, macet bisa diperparah karena adanya proyek perngerjaan jalan. Seringkali proyek tersebut memakan sebagian jalan sehingga kemacetan semakin tidak bisa dihindarkan. Google menangkap hal tersebut dan menghadirkan fitur baru untuk mengatasinya.

Dilansir dari Anroid Police, Google diketahui telah mengakuisi Waze pada lima tahun yang lalu. Beberapa fitur yang ada pada Waze tidak bisa diterapkan ke dalam Google Map. Fitur-fitur tersebut seperti interaksi antara driver, pelaporan insiden, traffic cams, speed cams, patroli polisi, dll.

Sumber: Android Police

Baru-baru ini fitur Google terbaru menghadirkan sebuah teknologi yang lebih interaktif. Google akan memperkenalkan fitur "status jalan" pada penggunanya. Untuk tahap awal, fitur ini hanya tersedia pada penggunanya dalam jumlah terbatas versi beta.

Saat ini Google Maps baru mendukung fitur yang bisa melaporkan adanya pekerjaan jalan saja. Namun pelaporan insiden lain seperti kerusakan akan segera diluncurkan ke banyak pengguna.

Aplikasi akan memunculkan pesan yang menanyakan pengguna apakah pekerjaan jalan masih ada atau tidak. Pesan tersebut akan muncul dengan pilihan tiga jawaban yaitu "Ya", "Tidak", dan "Tidak Yakin".

Sumber: Android Police

Selain itu jalan yang ditutup karena pengerjaan jalan atau sedang ada acara tertentu dapat dikonfirmasi menggunakan pesan yang sama. Aplikasi akan menanyakan apakah jalan tersebut masih ditutup atau tidak. Pesan tersebut juga akan muncul dengan pilihan tiga jawaban yaitu "Ya", "Tidak", dan "Tidak Yakin".

Google Maps dikabarkan akan mengembangkan fitur pelaporan insiden seperti yang ada pada Waze sehingga dapat menambah pengalaman pengguna. Fitur pelaporan insiden akan tersedia dalam waktu dekat.

BACA SELANJUTNYA

Android 14 Beta 3 Akhirnya Meluncur, Bawa Perubahan Apa Saja?