Sabtu, 27 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Senin, 30 Juli 2018 | 08:50 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Beberapa waktu yang lalu, House Judiciary Committee Amerika mendatangkan perwakilan dari Twitter, YouTube dan Facebook untuk membahas kebijakan media sosial untuk mengevaluasi berita palsu.

Hal tersebut juga diagendakan untuk bagaimana mencari tahu cara mengatasi konten kebencian dan propaganda yang menyebar di media sosial.

Monika Bickert, perwakilan dari Facebook, mengatakan bahwa perusahaan mereka sedang memperbarui proses dan sedang mengajukan banding ketika unggahan mereka telah dihapus dari situs.

Namun, tidak ada pengguna yang suka konten mereka dihapus tiba-tiba bahkan di-take down.

Dilansir dari berbagai sumber berikut cara mengatasi media sosial kamu yang tiba-tiba disuspend atau penghapusan unggahan, yuk simak.

Video Diblokir atau Dihapus dari YouTube

Cara Mengatasi Media Sosial di Banned/YouTube

Hal pertama yang bisa kamu lakukan apabila unggahan kamu di-take down YouTube adalah melihat kembali pedoman komunitas YouTube dan meninjau kembali konten video seperti apa yang akan dihapus karena tidak sesuai dengan pedoman mereka.

Umumnya ketika kamu melanggar pedoman mereka, kamu akan diberi teguran mengapa tindakan tersebut dilakukan.

Apabila kamu mengajukan banding atas penghapusan, kamu harus aktif untuk memintanya dengan mencari ke menu.

Namun, sebelum kamu mengajukan banding atas unggahan kamu, mending baca dulu panduan komunitasnya deh serta kebijakan yang mereka miliki di link berikut ini: Policies and Safety-YouTube.

Unggahan Kamu Dihapus Paksa Oleh Twitter

Cara Mengatasi Media Sosial di Banned/sporttechie.com

Media sosial Twitter memiliki proses entri yang cukup rumit untuk mengatasi sesuatu yang melanggar pedoman mereka.

Twitter biasanya menindaklanjuti pelecehan atau perilaku buruk lainnya, Twitter akan tidak segan-segan untuk me-banned sementara atau permanen akunmu secara keseluruhan.

Bukannya menghapus atau menghilangkan satu tweet saja lho.

Twitter menggunakan sistem AI untuk mendeteksi beberapa tweet yang mengandung bahasa melecehkan atau dianggap sebagai ujaran kebencian.

Ada proses banding yang harus kamu lakukan untuk memulihkan akun yang ditangguhkan, tetapi tautannya cukup sulit ditemukan.

Kamu bisa mencoba untuk mencarinya di link berikut ini: Mengajukan banding atas penangguhan akun atau akun terkunci

Postingan Facebook Kamu di-Take down

Di awal 2018, Facebook mempublikasikan panduan komunitasnya yang baru.

Kebijakan ini digunakan untuk memutuskan kapan dan bagaimana memoderasi konten.

Untuk menindaklanjuti hal tersebut, perusahaan juga mengubah metode agar pengguna dapat mengajukan banding ketika unggahan mereka dihapus.

Saat ini, Facebook akan memberi tahu cara yang bisa kamu lakukan ketika konten kamu dihapus, sehingga kamu bisa mengajukan banding.

Sama dengan Twitter, Facebook juga menggunakan sistem AI untuk mendeteksi kebencian.

Nantinya, setiap banding akan diproses oleh manusia yang sama dengan persyaratan yang ditetapkan sebagai bagian dari General Data Protection Regulation (GDPR) yang berlaku di Uni Eropa.

Berikut link panduan komunitas terbaru di Facebook yang perlu kamu baca sebelum mengajukan banding: Standar Komunitas Terbaru Facebook 

Hal-hal di atas adalah beberapa informasi yang bisa kamu lakukan apabila media sosial kamu terkena suspend atau penghapusan unggahan secara paksa.

Tapi sebelum kamu mengajukan banding atas hal tersebut, alangkah bijaknya kamu membaca pedoman masing-masing media sosialnya terlebih dahulu.

BACA SELANJUTNYA

Tak Mau Putar Balik Karena Jalan Dicor, Pria Ini Malah Pilih Pikul Motor