Kamis, 02 Mei 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 04 Agustus 2018 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Media sosial sudah menjadi bagian dari keseharian orang-orang masa kini. Namun tahukan kamu kalau ada yang namanya kecanduan media sosial.

Tanpa disadari atau dengan penuh kesadaran, kamu berlama-lama di media sosial. Apakah kamu sudah kecanduan? Apakah Anda ingin mengetahui sudah berapa lama menghabiskan waktu di depan gadget untuk membuka media sosial itu?

Kini Instagram dan Facebook telah meluncurkan fitur baru di mana pengguna dapat mengetahui berapa banyak waktu yang telah dihabiskan di masing-masing platform tersebut.

Berikut ini beberapa langkah untuk mengetahui seberapa lama pengguna menghabiskan waktunya di Instagram dan Facebook:

Instagram

You're All Caught Up. (9to5Mac).

Setelah membuka aplikasi, pengguna dapat menuju halaman pengaturan lalu ketuk bagian Aktivitas atau Your Activity. Selanjutnya, kamu akan diperlihatkan grafik berbentuk batang yang menggambarkan rata-rata pengguna memakai Instagram di perangkat tersebut.

Kamu juga dapat mengetuk setiap bilah untuk melihat total waktu pada hari itu. Tak hanya itu, pengguna pun dapat mengatur pengingat harian yang akan mengingatkan ketika kamu telah mencapai jumlah waktu yang diinginkan dalam sehari, saat menggunakan aplikasi Instagram.

Facebook

Facebook/Herald Finance

Tak jauh berbeda dari Instagram, setelah membuka aplikasi Facebook, segera pergi ke halaman pengaturan lalu ketuk bagian Waktu kamu atau Your Time. Setelah itu, tampilan grafik berbentuk batang yang sama seperti yang dilihat di Instagram akan muncul.

Grafik batang tersebut menunjukkan waktu rata-rata pengguna menggunakan Facebook pada perangkat tersebut. Setiap bilahnya pun dapat diketuk untuk melihat total waktu penggunaan pada hari itu.

Sebagai catatan, fitur dalam kedua platform di atas hanya akan memberi tahu pengguna waktu yang dihabiskan untuk aplikasi itu dalam satu perangkat, bukan memberi tahu jumlah absolut dari jam-jam pemakaian Instagram atau Facebook di seluruh perangkat. 

Tulisan mengenai kecanduan media sosial ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Anda Kecanduan Medsos? Begini Cara Mengukurnya.

BACA SELANJUTNYA

Lihat Goyangan Tubuh Lesti Kejora saat Main Voli, Netizen Malah Ketar-ketir