Selasa, 16 April 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Rabu, 15 Agustus 2018 | 14:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Seorang bocah laki-laki berumur empat tahun di India diperiksa ke dokter setelah menelan peluit yang ia gunakan sebagai mainan.

Orangtua anak ini bingung setelah mendengar suara batuk miliknya yang terdengar seperti sebuah siulan.

Dalam jurnal New England Journal of Medicine, suara batuk ini mendapat julukan sebagai "batuk bersiul".

Saat dilakukan pemeriksaan dengan menggunakan X-ray pada dada si anak, ditemukan paru-paru kirinya mengalami hiperinflasi paru yang disebabkan oleh adanya sesuatu yang menghalangi saluran udara. Hal ini lalu menimbulkan asma atau fibrosis sistik.

Ilustrasi batuk. (Today Show)

Penghambatan ini menyebabkan udara yang masuk terhambat dan tidak bisa keluar.

Namun, untuk kasus batuk bersiul ini, menjadi hal baru yang jarang terjadi dalam dunia medis.

Dokter lalu melakukan bronkoskopi untuk memasukkan tabung tipis ke paru-paru melalui tenggorokan untuk mengeluarkan benda asing yang menyumbat saluran pernapasannya.

Yang ditemukan oleh para dokter ini adalah sebuah peluit mainan. Ternyata, peluit ini tidak sengaja tertelan saat bocah ini sedang bermain peluit.

Hal ini dikonfirmasi oleh Dr. Pirabu Sakthivel, seorang residen senior bedah kepala dan leher dan ahli onkologi di All India Institute of Medical, New Delhi mengatakan jika menelan benda lain, sangat mungkin jika seseorang bisa mengalami batuk dengan suara berisik.

Sehari setelah kejadian ini, tim dokter melakukan foto rontgen dan menemukan jika dada kirinya langsung kembali menjadi normal.

Belajar dari kasus bocah empat tahun yang mengalami batuk bersiul setelah tidak sengaja menelan peluit ini, patut membuat para orangtua untuk semakin mewaspadai setiap gerak si anak.

BACA SELANJUTNYA

Kenapa India Larang Record of Ragnarok? Rupanya Ini Sebabnya