Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 01 September 2018 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Siapa bilang HRD hanya memeriksa calon karyawan dari surat lamaran kerja dan CV saja? Kini sudah banyak perusahaan yang melek media sosial. Karena itu rapikan media sosial yang kamu punya sebelum lamar kerja.

Apakah kamu sudah menyadarinya? Berbagai foto, video, maupun status yang terpasang di media sosial bisa digunakan untuk membaca kepribadian maupun menganalisa potensi diri.

Nah, beberapa perusahaan menjadi media sosial sebagai salah satu poin penilaian utama dalam perekrutan tenaga kerja. Itulah kenapa ada baiknya kamu merapikan konten media sosial biar lamaran kerjamu dilirik HRD.

1. Bikin caption dengan bahasa yang sopan

Kamu hobi bikin status galau? Jika tidak, kamu suka menggunakan gaya bahasa kasar atau alay saat membuat caption untuk foto dan video yang diunggah di media sosial?

Iya, sih. Kamu bebas berekspresi di media sosial. Namun, tidak ada salahnya menggunakan bahasa yang sopan, kan? Tunjukkan kepribadian dan citra diri positifmu.

Ilustrasi menggunakan media sosial. (Pixabay)

2. Hapus konten yang cenderung kurang sopan

Kamu boleh banget mengikutin tren detoks instagram seperti yang sudah dilakukan beberapa seleb tanah air. Bersihkan unggahan yang sepertinya kurang pantas dan bisa menjadi poin minus bagi lamaran kerjamu.

Kalau nggak rela menghapus, sembunyikan dulu untuk sementara. Kamu bisa memanfaatkan fitur archieve di instagram atau fitur hide di facebook, misalnya.

3. Berikan informasi biodata yang menarik

Akun media sosial bisa kamu manfaatkan sebagai CV versi mini. Tim HRD bisa melihat apakah passion atau hobimu cocok dengan visi perusahaan mereka.

Salah satu media sosial yang cocok untuk memamerkan resume terbaikmu adalah Linkedln. Namun, upaya serupa juga bisa kamu terapkan di instagram, facebook, twitter, maupun media sosial lain.

Eksis di media sosial. (Pixabay)

4. Mengatur privasi akun media sosial

Kamu mungkin lebih merasa aman jika akun media sosialmu terkunci. Tidak sembarangan orang bisa mengakses foto dan video yang kamu unggah.

Namun, bagaimana kalau HRD ingin mengecek aktivitasmu di dunia maya? Masa kamu minta mereka ngeklik tombol follow dulu?

Kalau kamu memang tidak ingin membuka gemboknya, mungkin ada baiknya kamu membuat akun tambahan. Jadi selain akun personal, kamu juga akun yang sifatnya lebih profesional.

5. Follow akun inspiratif

Ini juga bentuk pencitraan biar HRD memberi nilai positif saat main ke akun media sosialmu. Selain konten dan informasi pribadi, mereka juga ingin tahu akun apa saja yang kamu ikuti.

Akun yang kamu ikuti dapat mencerminkan passion dan pembawaan karaktermu, termasuk apakah memenuhi kriteria perusahaan atau tidak.

Jadi, kamu sudah follow akun inspiratif apa saja? Pastikan ada hubungannya dengan bidang yang kamu minati ya.

Tulisan ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Bikin HRD Tertarik, 5 Tips Merapikan Konten Media Sosial.

BACA SELANJUTNYA

Bagaimana JumpCloud Meminimalisir Risiko Kejahatan Siber Saat Kerja Hibrid