Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 01 Oktober 2018 | 12:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Facebook punya fitur yang membantu saat terjadi bencana, seperti saat gempa dan tsunami Palu. Dengan fitu Facebook ini, kamu bisa memantau gempa palu dan mencari tahu kondisi kerabat kamu.

Peristiwa bencana alam berupa gempa dan tsunami yang terjadi di Donggala dan Palu, Jumat (28/9/2018),  dikenal sebagai peristiwa Gempa dan Tsunami Palu, membuat Facebook mengaktifkan fitur Safety Check.

Fitur Facebook ini berfungsi untuk mengetahui kondisi teman atau kerabat yang berada di lokasi bencana.

"Pemeriksaan Keselamatan merupakan cara yang sederhana dan mudah untuk menginformasikan bahwa Anda berada dalam keadaan selamat serta mengecek keadaan orang lain setelah suatu bencana alam terjadi," kata Facebook dalam keterangan resminya.

Facebook Crisis Response (Facebook captured)

Lalu bagaimana cara agar pengguna bisa mengetahui kondisi kerabat atau teman yang berada di lokasi gempa? Pertama-tama, Anda bisa menuju ke laman Crisis Response dari Facebook yang memiliki alamat https://www.facebook.com/crisisresponse/

Di dalam laman ini, terdapat daftar berbagai bencana yang terjadi di seluruh dunia. Silakan memilih peristiwa gempa di Donggala dan Palu.

Saat sudah masuk di opsi ini, Anda akan melihat tiga macam tab. Salah satunya adalah tab "Friends in Area". Di tab ini, Anda bisa mencari teman-teman yang kebetulan sedang berada di lokasi bencana.

Teman yang sudah menandai dirinya aman akan mendapatkan tanda dengan tulisan "marked himself safe" yang berwarna hijau.

Untuk memudahkan, pengguna juga bisa mengetikkan nama teman di kolom pencarian yang berada di kanan atas.

Suasana jembatan kuning yang ambruk akibat gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (30/9). (Suara.com/Muhammad Yasir).

Laman ini, tidak hanya berfungsi untuk menunjukkan keadaan teman yang terdampak gempa. Anda juga bisa melihat permintaan bantuan yang berada di lokasi bencana.

Menurut Facebook, sejauh ini sudah ada lebih dari 250 permintaan bantuan yang masuk melalui Community Help.

Pengguna juga bisa melihat berbagai kabar terkini soal jumlah korban atau penanganan gempa lewat tab "About" di sebelah kanan.

"Kami harap masyarakat di sekitar area bencana bakal merasa terbantu dengan adanya fitur ini untuk memberitahukan kerabat dan keluarga mereka bahwa mereka berada dalam keadaan selamat," tutup Facebook.

Tulisan ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Pantau Gempa Palu, Ini Cara Ketahui Kerabat dengan Fitur Facebook.

BACA SELANJUTNYA

Ini yang Perlu Kamu Tahu tentang Apa Itu Social Media Strategist