Senin, 06 Mei 2024
Dinar Surya Oktarini : Kamis, 25 Oktober 2018 | 12:00 WIB

Hitekno.com - Browser Mozilla merilis versi terbaru Firefox 63 untuk platform Windows, Mac, Linux dan Android.

Pada versi terbarunya kini, banyak fitur baru yang dibawa seperti peningkatan proteksi dan performa di Windows dan MacOS, Search shortcut dan Picture-in-picture Android.

Fitur Enhanced Tracking Protection yang melindungi privasi data pengguna menjadi fitur yang paling menarik, nantinya fitur ini akan memblokir pelacak pihak ketiga untuk meningkatkan pengalaman pengguna berselancar di internet.

Kalau sebelumnya fitur 'Tracking Protection' di Mozila hanya akan memblokir pelacak iklan jika pengguna mengakses internet secara rahasia seperti melalui VPN.

Akhir-akhir ini Mozilla memang fokus pada pengamanan data dan privasi penggunanya salah satunya menyiapkan pembeharuan fitur Tracking Protection tersebut.

Tidak hanya itu, Mozzila juga menyiapkan software seacra default dan bekerja sama dengan ProtonVPN untuk menawarkan biaya berlangganan bagi beberapa pengguna Firefox untuk fitur pemblokir pelacak iklan.

Mozilla Firefox versi terbaru. (mozzila.org)

Mengingat isu kebocoran data dan privasi semakin marak dan menjadi perhatiann akhir-akhir ini.

Hal itu yang membuat Mozilla membuat fitur tersebut dan diterapkan pada versi Firefox 63.

Dalam blog resminya, Mozilla mengungkapkan rencana untuk lebih meningkatkan fitur Tracking Protection tidak hanya untuk memblokir kode JavaScript, tapi juga file cookies.

Pilihan ini rencananya akan meluncur ke versi terbaru Firefox 65 Januari 2019 nanti.

Tidak hanya memperbarui fitur-fiturnya, Mozilla juga akan memperbarui tampilan 'New tab' dengan menyematkan situs teratas seperti Google dan Amazon.

Shortcut Siri juga sudah tersedia di Firefox untuk iOS yang dapat memudahkan pengguna untuk memerintahkan dengan suara.

Mozilla juga akan memiliki tampilan 'Dark Mode dan 'Light Mode yang akan kompatibel dengan Windows 10.

Beberapa pembaharuan hanya dapat dirasakan di beberapa negara saja, jadi pengguna Mozilla yang ingin menggunakan Firefox versi terbaru ini harap sabar ya.

BACA SELANJUTNYA

Cara Mematikan Firefox Suggest di Adress Bar Mozilla, Langkahnya Sederhana!