Jum'at, 19 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Jum'at, 26 Oktober 2018 | 19:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Berbicara mengenai raksasa teknologi dunia, nama-nama seperti YouTube, Google, Facebook, hingga Apple akan langsung singgah di otakmu. Nah, kalau impian jadi tetangga raksasa teknologi dunia ini, pernah juga singgah di otakmu nggak? Jika iya, saatnya packing dan pindah ke Silicon Valley.

Silicon Valley adalah sebutan untuk daerah selatan San Fransisco Bay Area, California, Amerika Serikat. Daerah ini menjadi kawasan penuh perusahaan teknologi dunia.

Kamu akan menemukan perusahaan YouTube, Google, Facebook, Twitter, hingga Apple tersebar di beberapa daerah seperti Menlo Park, Mountain View, Palo Alto, dan Sunnyvale.

Nama Silicon Valley ini pertama kali dicetuskan oleh Ralph Vaerst yang adalah seorang pengusaha sukses asal California. Namun, yang pertama kali memperkenalkan istilah ini pada media adalah Don Hoefler yang adalah teman Ralph.

Ilustrasi YouTube. (HiTekno.com/Dinar Surya Oktarini)

Don Hoefler merilis sebuah artikel berbentuk seri berjudul Silicon Valley in The USA pertama kali pada 11 Januari 1971. Nama Silicon Valley ini lalu ngetren pada tahun 80-an.

Nama Silicon yang digunakan ini terkait dengan banyaknya perusahaan teknologi yang terlibat dengan industri semikonduktor dan komputer di daerah ini.

Silicon Valley menjadi daerah yang pertama kali melahirkan perusahaan-perusahaan ternama di dunia. Dua penemu Apple bahkan memulai ide gilanya dari sebuah garasi di daerah ini.

Steve Wozniak, sang pendiri Apple bersama rekannya berhasil menyelesaikan 50 komputer pertama mereka di lokasi ini.

Google. (Pixabay/FirmBee)

Untuk kamu yang begitu menggilai dunia teknologi, Silicon Valley adalah lokasi yang tepat untukmu berkunjung atau bahkan bekerja di sana.

Tidak hanya di Amerika, beberapa negara juga berlomba-lomba untuk menciptakan Silicon Valley versi daerahnya.

Salah satunya adalah Bangalore yang diklaim sebagai Silicon Valley milik India. Israel punya Silicon Wadi yang terletak di Tel Aviv. Tiongkok punya pusat tech di kota Shenzhen.

Gimana, tertarik menjadi tetangga raksasa teknologi dunia? Yuk pindah ke Silicon Valley.

BACA SELANJUTNYA

7 Alasan Kamu Harus Pindah ke iPhone, Ada Deretan Fitur yang Tidak Ada di Android