Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Sabtu, 15 Desember 2018 | 14:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Jika kamu pernah melihat sebuah mobil penyok saat menabrak sepeda, kamu pasti heran dan bertanya mengapa itu terjadi. Banyak forum internasional dan komunitas lokal di Indonesia yang membubuhi bahwa itu adalah mobil Cina vs sepeda dari Eropa.

Mereka sering mengaitkan hal tersebut dengan barang dari kualitas Cina ''mudah penyok'' daripada kendaraan sederhana buatan Eropa.

Namun jika kamu mempercayai info di atas dan mengaitkannya dengan gambar tersebut, maka kamu salah total karena itu adalah info hoax.

Fakta yang ada justru sebaliknya, mobil berwarna kuning justru masih membawa ''gen'' dari Amerika dan sepeda yang ditabrak adalah sepeda buatan Cina.

Jika kita memperhatikan lebih teliti, terdapat logo Chevrolet pada tengah roda mobil yang berwarna kuning.

Forum yang membahas mobil Cina vs sepeda dari Jerman. (Reddit)

Memang benar, mobil tersebut adalah Chevrolet Sail model hatchback yang dipasarkan di negara Cina.

Mobil Chevrolet Sail dikenalkan pertama pada tahun 2010 oleh Shanghai-GM.

Mobil tersebut dirancang dan direkayasa oleh Pusat Otomotif Teknis Pan-Asia (PATAC).

Sedangkan sepeda yang ditabrak oleh Chevrolet Sail justru sepeda yang terbuat dari Cina. GammaX merupakan sepeda ''kelas atas'' berkualitas premium dan banyak disetarakan kualitasnya dengan sepeda buatan Jerman.

Chevrolet Sail model hatchback di Cina. (Wikipedia/ Navigator84)

Nampaknya, sepeda berada dalam diam dan ''tertanam'' atau terkunci di suatu tempat sehingga membuatnya lebih stabil dan kuat.

Sementara mobil sepertinya sedang berjalan dengan kecepatan sedang dan tidak tahu bahwa terdapat sepeda yang sedang ''tertanam'' di lokasi tersebut.

Sedangkan mobil yang penyok bisa terjadi karena adanya Crumple Zones Technology yang memang tertanam pada DNA mobil dari Amerika dan Eropa.

Situs resmi GammaX, sepeda yang terbuat dari Cina. (Gammaxbicycle)

Teknologi tersebut akan ''mengorbankan'' atau melemahkan bagian luar mobil (bumper) dan memperkuat bagian dalam tubuh mobil,

Crumple Zones dapat meredam tekanan sehingga penumpang di dalam mobil tidak merasakan benturan yang sangat hebat.

Apabila bagian depan mobil dibuat dengan bahan yang sangat kaku dan kuat, dikhawatirkan momentum yang didapat akan sangat besar.

Itu membuat keselamatan penumpang menjadi lebih beresiko sehingga produsen mobil mengaplikasikan teknologi itu.

Meski mobil penyok, keselamatan penumpang di dalamnya akan lebih terjaga. Terkait dengan gambar di atas, kabar bahwa itu adalah mobil Cina dan sepeda yang ditabrak adalah dari Eropa, murni hoax.

BACA SELANJUTNYA

Qualcomm Bahas Hybrid AI, Dapat Menghasilkan Karya Digital dan Banyak Manfaat