Selasa, 15 Oktober 2019
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 28 Desember 2018 | 17:15 WIB

Hitekno.com - Sebuah alasan yang menurut sebagian orang tak masuk akal kini dipraktikkan di Rusia. Untuk menikmati momen Natal dan tahun baru, salju di Rusia disamarkan dengan cat berwarna putih.

Beberapa tempat di Rusia diketahui memang hampir tak ada salju. Namun kota yang ''putus asa'' dengan kotoran yang mengganggu pemandangan putih khas Natal dan tahun baru, melakukan sesuatu yang tak terduga.

Berharap mendapatkan respon positif, aksi pihak berwenang di kota ini justru mendapat celaan dari netizen dan orang-orang.

Sebuah tempat terpencil tepatnya di Mysky, kota Siberia, Rusia terkenal dengan tempat penambangan batu bara yang dijuluki Kemerovo.

Pihak berwenang di kota tersebut berinisiatif untuk menutupi bekas atau tanda-tanda jelaga dan debu batu bara.

Karena Natal dan tahun baru identik dengan warna putih salju, pihak berwenang di kota itu menyuruh beberapa pekerja untuk mencat putih beberapa gundukan.

Sebuah video yang dibagikan oleh netizen yang bernama Alexander Ivanov menunjukkan sebuah gundukan putih yang ternyata tidak dilapisi salju.

Setelah disentuh, ternyata itu merupakan ''salju campuran'' atau hanyalah sebuah cat yang membuatnya mirip dengan salju.

Gundukan salju yang terlihat aneh. (Youtube_MT)

Mereka yang ada di video tersebut menggosok-gosok ''dinding bersalju'' namun yang mereka temukan justru cat putih yang menempel di tangan mereka.

''Kamu dapat melihat noda, bahkan menempel di tangan kalian,'' kata si pembuat film kepada Moscow Times.

Meski netizen yang membagikan video di YouTube tersebut hanya mempunyai puluhan follower, namun video itu langsung viral.

Hingga artikel ini dibuat, lebih dari 270 ribu orang yang telah menyaksikan fenomena aneh ini.

Dikutip dari IFLScience, kota ini terkenal dengan sebuah tempat yang termasuk dalam Cekungan Batu Bara Kuznetsk.

Gundukan putih ternyata merupakan cat. (Youtube_MT)

Kota termasuk salah satu area penambangan batu bara terbesar di dunia dan bagian dari Siberia yang paling padat penduduknya.

Terkenal juga sebagai industri Soviet yang sangat berpengaruh dan diyakini memiliki cadangan tambang lebih dari 300 miliar ton.

''Hal macam apa yang kau pikirkan hingga ingin mengelabui kami dengan cat salju?'' kata salah satu netizen dengan akun Youtube bernama prostouser100.

''Bodoh, kamu harus menunggu kering dan melapisi dengan semen sebelum mencat putih,'' kata netizen dengan akun bernama Dr. Kaputt.

Kepala perusahaan yang memerintahkan pekerjaan ini dilaporkan telah ''ditegur'' setelah banyak orang memprotesnya.

Walikota setempat juga telah mengeluarkan permintaan maaf mengenai ''salju'' berupa cat putih ini.

''Saya minta maaf kepada warga kota yang suasana tahun baru-nya terganggu oleh hal ini,'' kata Dmitry Ivanoc dalam sebuah pernyataan resminya.

Salju di Rusia yang dicat putih ini juga ditanggapi sebagai lelucon yang ''tak lucu'' di akhir tahun.