Minggu, 28 April 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Selasa, 08 Januari 2019 | 20:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Beberapa tahun belakangan, Facebook benar-benar menguasai pasar media sosial. Siapa saja pasti menggunakan media sosial satu ini. Sayangnya, Facebook mulai kehilangan pesonanya. Beberapa pengguna setianya, beralih menggunakan media sosial lain.

Sejak pertama kali dirilis tahun 2004, Facebook sukses menjadi media sosial terbesar di dunia dan menjadi pemimpin berbagai media sosial.

Dilansir dari Forbes, secara global, jumlah pengguna media sosial besutan Mark Zuckerberg ini sudah mencapai kisaran 2,27 miliar hingga Oktober 2018. Angka ini menjadi total 30 persen dari populasi manusia di Bumi yang masih menggunakan Facebook.

Walaupun masih mendominasi, dibandingkan dengan Twitter, Pinterest, YouTube, Instagram, Tumblr, dan lain-lain, pasar Facebook kini semakin menurun dan hampir menghilang.

Data media sosial. (Forbes)

Pada laporan Statcounter, pangsa pasar Facebook sebagai media sosial yang digunakan secara global mengalami penurunan dari 75,5 persen pada Desember 2017 hingga menyentuh angka 66,3 persen pada Desember 2018.

Sesaat setelah pangsa pasar Facebook menurun tiap bulannya, pasar beberapa media sosial lainnya justru meningkat secara drastis.

Desember 2018, tercatat pangsa pasar Pinterest mencapai 16,3 persen, Twitter menyentuh angka 8,2 persen, YouTube 4,8 persen, dan Instagram sebesar 1,8 persen.

Sedangkan pada bulan Juni 2018, Facebook mengalami titik terendahnya dengan pangsa pasar sebesar 63 persen. Sedangkan Pinterest mengalami peningkatan hingga 14,2 persen, dan YouTube mencapai 10 persen.

Pada beberapa wilayah di Amerika Serikat, pasar Facebook menurun drastis. Hal ini dicurigai karena terjadinya penyalahgunaan data pengguna yang terjadi sepanjang tahun 2018.

Data media sosial. (Forbes)

Tercatat, pasar Facebook turun dari 76 persen pada Desember 2017 menjadi 52 persen pada Desember 2018. Di Amerika sendiri, Facebook harus bersaing ketat dengan Pinterest dengan 28 persen, dan Twitter dengan 7,4 persen.

Walaupun mengalami penurunan di Amerika, di Eropa, Facebook tetap mendapat pasarnya dengan meningkatnya pengguna aktif bulanan. Tercatat dari 70 persen bulan Juli 2018, angka ini meningkat sebanyak 77 persen pada November 2018.

Menyaingi Facebook, di Eropa, Pinterest juga cukup populer. Sedangkan di Asia, YouTube dan Twitter menyaingi Facebook. Dan di Afrika, Facebook bersaing dengan YouTube.

Kamu masih menggunakan Facebook? Bagaimana pendapatmu tentang Facebook yang hampir kehilangan pasar ini?

BACA SELANJUTNYA

Lihat Adegan FTV Tukang Makeup Keliling, Baru Sadar Kejanggalannya Setelah Viral