Rabu, 24 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 22 Januari 2019 | 09:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - 10 Years Challange mulai viral di media sosial sejak awal Januari 2019. Banyak netizen yang membagikan foto perbandingan wajah mereka antara sekarang dibandingkan 10 tahun lalu.

Misalnya foto yang berasal dari tahun 2009 dan 2019. Kemudian foto ini dibagikan ke media sosial, termasuk Facebook.

Viralnya 10 Years Challange ini juga diikuti kabar tuduhan Facebook memanfaatkannya untuk mengumpulkan data wajah manusia. Data ini digunakan untuk melatih mesih pengenal wajah atau face recognition.

10 years challenge versi Joshua. (Instagram_Jojosuherman)head

Perwakilan media sosial Facebook ini pun telah memberikan bantahannya pada kasus tuduhan 10 Years Challange.

''Sejauh ini kami tidak ada komentar tentang itu. Tapi mengenai kabar face recognition itu tidak ada,'' kata pimpinan komunikasi Facebook Indonesia, Putri Dewanti, kepada media di Jakarta, Senin (21/1/2019).

Sejumlah praktisi teknologi menduga Facebook memanfaatkan tantangan #10YearsChallenge untuk mengumpulkan data-data wajah penggunanya. Data-data itu akan digunakan untuk melatih teknologi pengenal wajah atau facial recognition .

Praktisi teknologi asal Amerika Serikat, Kate O'Neill, dikutip dari Wired, mengemukakan analisisnya tentang tantangan ini.

Unggahan 10 years challenge oleh netizen di Instagram. (Instagram)

Menurutnya lewat tantangan itu Facebook bisa memperoleh sampel data perubahan wajah orang dalam 10 tahun secara efisien dan efektif.

Facebook sebelumnya membantah dugaan itu. Menurut media sosial buatan Mark Zuckerberg itu, tantangan 10 Years Challange justru tak bermula di Facebook.

Segera setelah 10 Years Challange ini viral di media sosial, netizen membuat berbagai variasi bukan hanya foto diri, tapi, foto hewan peliharaan hingga perbedaan suasana di sebuah kota selama 10 tahun belakangan. (Suara.com/ Liberty Jemadu)

BACA SELANJUTNYA

Lihat Goyangan Tubuh Lesti Kejora saat Main Voli, Netizen Malah Ketar-ketir