Sabtu, 24 Agustus 2019
Agung Pratnyawan : Senin, 11 Februari 2019 | 06:00 WIB

Hitekno.com - Seorang anak kecil meminta smartphone baru kepada orangtuanya dengan sebuah kontrak yang harus disetujuinya.

Ada 12 poin dalam kontrak yang harus disetujui oleh si anak perempuan ini. Setelah setuju dan tanda tangan, baru orangtuanya memberikan smartphone baru.

Dikutip dari World of Buzz, kisah ini diceritakan oleh Farha dalam Twitter @farhasaiful_. Dan si anak kecil yang meminta smartphone baru ini adalah Yasmine, adiknya.

Kisah yang viral di Twitter ini menarik perhatian netizen. Banyak yang salut kepada sang orangtua, begitu juga dengan gadis cilik ini.

Kalah itu, Yasmine yang masih berusia 10 tahun meminta smartphone baru kepada orangtuanya. Awalnya orangtuanya tidak masalah mengenai permintaan ini.

Anak ini tandatangai kontrak untuk dapatkan smartphone baru dari orang tuanya. (Twitter/@farhasaiful_)

Namun mereka tidak ingin memberikan smartphone baru secara cuma-cuma kepada Yasmine. Mereka menawarkan kontrak yang harus disetujui si anak.

Dalam tweetnya, Farha juga menyebutkan jika Yasmine melanggar kontrak ini, smartphone tersebut harus dikembalikan ke Ayahnya.

Kontrak ini bukan formalitas belaka, karena Farha juga pernah mendapatkan yang serupa. Orangtuanya mengambil kembali laptop dari Farha setelah ia merusakkannya.

Berikut ini isi kontrak yang harus disetujui Yasmine untuk mendapatkan smartphone baru dari orangtuanya.

  1. Salat awal waktu
  2. Isi ulang baterai HP sampai penuh lalu langsung dicabut
  3. Jangan biarkan baterai HP sampai habis karena bisa mengurangi performanya
  4. Tidak boleh menggunakan HP ayah atau ibu
  5. Jangan pernah membawa HP ke toilet
  6. Tidak boleh membawa HP ke sekolah
  7. Tidak boleh menggunakan HP di meja makan
  8. Minta izin terlebih dahulu sebelum mengunduh aplikasi apa pun
  9. Bertanggung jawab terhadap penggunaan kuota. Jika habis, tidak boleh meminta kuota tambahan kecuali diberi
  10. Baca Quran setiap hari atau minimal enam kali dalam seminggu
  11. Tidak boleh menelepon teman saat keluar/bepergian dengan keluarga
  12. Jangan lupa bayar SPP

 

Yasmine pun setuju dengan isi kontrak tersebut dan telah menandatanganinya. Ia pun langsung mendapatkan smartphone baru yang diminta.

Namun sebelum ditandatangani, kontrak ini sempat direvisi hingga dua kali. Akhirnya kontrak berjudul 'One Year Renewable Phone Loan' ini disepakati.

Anak ini tandatangai kontrak untuk dapatkan smartphone baru dari orang tuanya. (Twitter/@farhasaiful_)

Kalau dilihat, isi kontrak ini tidaklah susah untuk dijalani. Namun isinya lebih pada tanggung jawab si anak dan mencegahnya berlebihan memakai smartphone.

Cara orangtua Yasmin ini banyak diapresiasi para netizen hingga kisahnya viral di Twitter. Cara yang unik untuk mendidik anak untuk tanggung jawab.

Kisah ini tidak hanya viral di Twitter, namun juga dibagikan ulang netizen ke berbagai media sosial seperti Facebook dan Instagram.

Habis ini pasti banyak yang ikutan bikin kontrak ke anaknya yang minta smartphone baru. Cara yang memang menarik untuk ditiru.

Mungkin cara ini bisa dicontoh kalau ada yang meminta smartphone baru ke kamu, mungkin anak atau adik. Tawarkan saja kontrak seperti dalam kisah ini.