Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 08 April 2019 | 18:04 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebuah iklan biaya SMS menjadi menarik perhatian netizen hingga viral di Facebook. Menurut netizen, iklan ini jadi awal mula seseorang balas chat singkat saja.

Dalam iklan tersebut, provider telepon seluler Esia menarik biaya per karakter dalam SMS. Berbeda dengan provider pada umumnya yang menarik biaya untuk satu SMS.

Esia, menarik biaya Rp 1 saja untuk tiap karakter dalam SMS. Sehingga untuk satu SMS yang maksimal 140 karakter hanya ditarik Rp 140 saja.

Sedangkan profider lain mengenakan biaya Rp 350 untuk satu SMS yang berisikan maksimal 140 karakter. Sehingga, SMS dengan Esia saat itu menjadi populer.

Iklan Esia ini awalnya dipostingkan oleh netizen dengan akun Facebook Yogi Satria. Postingannya ini dibagikan ulang oleh netizen lain hingga ribuan kali.

Iklan Esia yang Viral di Facebook. (Facebook/ Perecehan stekstual).

Dari iklan Esia SMS Rp 1 per karakter yang viral di Facebook ini, banyak netizen yang mencurigai kalau ini cikal bakal balas chat singkat.

Pasti kamu pernah menemukan orang yang balas chat singkat banget. Dari balas dengan satu kata, bahkan hingga cuma membalas dengan satu huruf 'P' atau 'Y'.

''Sepertinya iklan dari salah satu provider ini yg jadi cikal bakal balasan simpel saat ini,'' tulis Jahya Sidauruk.

''Dari sinilah kebiasaan menyingkat saat menulis pesan dimulai,'' ungkap Annas Hasyim.

''Apa P berasal dari Esia? Trus kemudian mereka bikin merk Esia Hidayah sebagai penebus dosa dari kesalahanya.. Subhanallah,'' teori dari Ibadallah.

''penemu p bukan esia tapi bbm p singkatan dari ping,'' balas Ozzy Bayman.

''Ngetik gapake spasi biar irit gw ngalamin,'' komentar Ricky Aditya Pratama.

''Ini cikal bakal tulisan alay,'' teori baru dari Dian Tridayanti.

''Dari sinilah kebiasaan menyingkat saat menulis pesan dimulai,'' tulis Annas Hasyim.

Itulah iklan Esia SMS Rp 1 per karakter yang viral di Facebook. Apakah benari dari sini cikal bakal orang balas chat singkat bahkan cuma satu huruf saja?

BACA SELANJUTNYA

Ummi Pipik Masih Pakai Cadar Meski Jadi BA, Netizen Sentil Inara Rusli