Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 05 Juni 2019 | 10:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Beberapa negara telah melakukan uji coba jaringan 5G seperti Korea Selatan, Inggris dan Amerika Serikat. Tak mau ketinggalan, China pun ingin ikutan mengoperasikan jaringan 5G ini.

China berencana mengoperasikan jaringan 5G secara komersial pada tanggal 1 Oktober 2019 mendatang. Jika benar-benar terealisasi, China akan menjadi negara keempat yang meluncurkan jaringan 5G secara nasional, setelah Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Inggris.

Informasi ini pertama kali diungkapkan oleh Deputy General Manager ZTE, Michael Gao Wenhao. Ia mengatakan bahwa informasi ini bersumber dari tiga operator telekomunikasi China, yakni China Mobile, China Unicom, dan China Telecom.

Pada 1 Oktober mendatang, menurut Gao, ketiga operator akan mengaktifkan 30.000 hingga 50.000 base station di 40 kota di China daratan. Sedangkan untuk wilayah Hong Kong masih belum diketahui.

"Ini untuk merayakan ulang tahun ke-70 berdirinya Republik Rakyat China," kata Gao seperti dilansir dari China Daily, Kamis (23/5/2019).

Ilustrasi jaringan 5G. (Pixabay/ PrographerMan)

Sedangkan base station 5G yang dipakai oleh ketiga operator seluler tersebut disediakan oleh Huawei, ZTE, dan vendor jaringan asal Swedia, Ericsson.

Konon, jaringan 5G yang terpasang di China akan memiliki cakupan area yang lebih luas ketimbang di Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Sementara itu, ZTE sendiri memperkirakan pada tahun 2020 nanti, jaringan 5G akan lebih banyak dimanfaatkan untuk komunikasi personal dan keperluan gaming. Oelh karena itu, kedua sektor diproyeksikan memiliki profitabilitas paling besar.

Begitu jaringan telekomunikasi generasi kelima ini meluncur untuk konsumen di China, mereka tidak akan kekurangan perangkat yang mendukung jaringan tersebut.

Pasalnya, Huawei dan ZTE sudah meluncurkan ponsel yang mendukung jaringan 5G. Sedangkan vendor ponsel asal China lainnya seperti Lenovo, Oppo, dan Xiaomi akan meluncurkan perangkat 5G mereka dalam waktu dekat. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

BACA SELANJUTNYA

Dibekali Memori Besar, Cek Berapa Harga Vivo Y36 5G di Indonesia