Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 19 Juni 2019 | 12:50 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Besarnya populasi suatu negara, diikuti dengan pesatnya pertumbuhan pengguna internet. Tidak ketinggalan meningkatnya pengguna media sosial seperti Facebook dan Instagram.

Kali ini portal diskon tanah air CupoNation melakukan studi tentang pengguna media sosial, serta aplikasi terpopuler yang digunakan oleh netizen di Indonesia.

Dikutip dari Katadata, jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia mengalami peningkatan sebanyak 20 persen di tahun 2019 yakni mencapai 150 juta pengguna.

Dimana jumlah ini membawa Indonesia sebagai salah satu negara dengan pengguna Facebook terbanyak di dunia mengalahkan Meksiko, Filipina, Vietnam, dan Thailand.

Selain dinobatkan sebagai salah satu negara dengan pengguna Facebook terbanyak di Dunia, studi juga menunjukan bahwa Indonesia merupakan negara ke-4 dengan pengguna instagram terbesar mengalahkan Rusia, Turki, Jepang dan Inggris.

Oleh sebab itu sudah dapat dipastikan Facebook dan Instagram merupakan media sosial yang paling banyak diminati di Indonesia.

Indonesia sebagai pengguna facebook terbanyak ke-4 di Dunia

Ilustrasi Facebook. (HiTekno.com)

Facebook merupakan situs media sosial yang paling banyak memiliki pengguna aktif di Dunia.

Di awal tahun 2019, India dinobatkan sebagai negara dengan pengguna Facebook terbanyak yakni dengan total pengguna mencapai 290 juta atau 19.01 persen dari total populasi.

Peringkat ke-2 dengan total pengguna Facebook terbanyak diraih oleh Amerika Serikat.

Berikut adalah 4 negara dengan pengguna Facebook terbanyak yang jika diurutkan adalah:

  1. India -- total pengguna 290 juta atau 19.01 persen dari total populasi
  2. Amerika Serikat - total pengguna 190 juta atau 57.76 persen dari total populasi
  3. Brazil - Total pengguna 120 juta atau 57.06 dari total populasi
  4. Indonesia - Total pengguna 120 juta atau 44.94 dari total populasi

Indonesia merupakan negara ke-4 dengan pengguna Facebook terbanyak. Berdasarkan hasil studi, pengguna Facebook didominasi oleh laki-laki yakni 11 persen lebih banyak dari perempuan.

Jika dilihat berdasarkan demografi pengguna, pengguna facebook terbanyak berada pada kalangan umur 18 - 34 tahun untuk perempuan dan 25 - 34 tahun untuk laki-laki.

Indonesia sebagai pengguna Instagram terbanyak ke-4 di Dunia

Ilustrasi Aplikasi Instagram. (HiTekno.com)

Instagram pertama kali dirilis pada tahun 2010, aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk mengunggah foto yang bisa diedit dengan berbagai filter.

Seiring berkembangnya dunia digital, Instagram terus melakukan terobosan-terobosan dalam hal jejaringan sosial berbasis foto dan video. Alhasil, Instagram pun menjadi salah satu aplikasi paling populer hingga saat ini.

Dengan jumlah pengguna yang tersebar di seluruh dunia, Amerika Serikat merupakan negara dengan pengguna Instagram terbanyak yakni 110 juta pengguna atau 33.44 persen dari total populasi.

Selanjutnya, Brasil menduduki posisi ke-2 dengan jumlah pengguna 66 juta atau 31.38 persen dari total populasi.

Berikut adalah negara yang menduduki peringkat 4 besar dengan jumlah pengguna instagram terbanyak di Dunia yang jika diurutkan adalah:

  1. Amerika Serikat -- total pengguna 110 juta atau 33.44 persen dari total populasi
  2. Brasil -- total pengguna 66 juta atau 31.38 persen dari total populasi
  3. India -- total pengguna 64 juta atau 4.68 persen dari total populasi
  4. Indonesia -- total pengguna 56 juta atau 20.97 persen dari total populasi

Di Indonesia, pengguna instagram terbanyak berasal dari rentang usia 18 tahun hingga 24 tahun untuk pria dan wanita.

Studi juga mengungkap di awal tahun 2019 rata-rata jumlah pengguna instagram laki-laki 1.9 persen lebih banyak dibanding perempuan.

Aplikasi chatting terpopuler di Indonesia

Ilustrasi aplikasi chat. (Pixabay)

Salah satu aplikasi yang wajib diunduh untuk setiap pengguna smartphone ialah aplikasi chatting yang memungkinkan para penggunanya untuk berkomunikasi.

Banyak sekali aplikasi chatting yang memiliki fitur-fitur menarik dan dapat diunduh secara gratis, namun kecanggihan dan keunikan fitur-fitur yang diberikan tidak menjamin aplikasi tersebut menjadi populer dan banyak digunakan oleh orang Indonesia.

Berdasarkan studi, Whatsapp merupakan aplikasi terpopuler di Indonesia diiringi oleh Line dan Facebook Messenger. Berikut adalah daftar aplikasi chatting yang paling populer di Indonesia yaitu:

  1. Whatsapp -- tingkat penetrasi 83 persen
  2. Line -- tingkat penetrasi 59 persen
  3. Facebook Messenger -- tingkat penetrasi 47 persen
  4. BBM -- tingkat penetrasi 38 persen
  5. WeChat -- tingkat penetrasi 28 persen

*tingkat penetrasi di atas melambangkan persentase dari jumlah pengguna aplikasi chatting dan total pengguna aktif media sosial di Indonesia

Infografis Pengguna Facebook dan Instagram. (CupoNation).

Itulah hasil studi mengenai jumlah pengguna media sosial Facebook dan Instagram di Indonesia yang menempatkan pada posisi ke-4 di dunia.

BACA SELANJUTNYA

Xiaomi 14 dan Jajaran Wearables Terbaru Resmi Dipasarkan