Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 30 Juli 2019 | 06:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah mengundang Kimi Hime, hari ini (29/7/2019). Kominfo hendak membahas video Kimi Hime yang dinilai melanggar UU ITE.

Semenjak ditegur Kominfo, puluhan video Kimi Hime dalam channel YouTube-nya terpantau berkurang.

Sebelumnya Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah meminta YouTube menangguhkan tiga video Kimi Hime yang dinilai melanggar UU ITE.

Berdasarkan pantauan HiTekno.com dan Suara.com hingga Senin malam (29/7/2019), ada sekitar 60 video Kimi Hime YouTube yang menghilang. Lantas, apakah yang sebenarnya terjadi?

Tim kuasa hukum Kimi Hime mengatakan bahwa langkah yang diambil kliennya ini merupakan bentuk self blocking sebagai bentuk kepatuhan terhadap anjuran pemerintah, dalam hal ini Kominfo.

"Iya (self blocking), memang sekarang kita batasi sementara," kata Irfan Akhyari, salah satu anggota tim hukum Kimi Hime di kantor Kominfo, Jakarta, pada Senin (29/7/2019).

Meski terlihat menghilang dari channel YouTube Kimi Hime, namun pembatasan yang dimaksud oleh Irfan Akhyari adalah tidak memunculkannya ke publik karena berpotensi menuai kontroversi.

Plt Kepala Biro Humas Kominfo Ferdinandus Setu (kiri) bertemu dengan kuasa hukum Kimi Hime di Jakarta, Senin (29/7/2019). [Suara.com/Tivan Rahmat]

"Karena itu kita batasi, sehingga tidak terjadi polemik-polemik berikutnya. Makanya, kita batasi dulu sebelum bertemu dengan Kominfo. Pada hari ini, alhamdulillah sudah clear semua. Ada (videonya tidak dihapus) tapi enggak muncul," imbuh Irfan Akhyari.

Sementara itu, Kominfo mengatakan telah memerintahkan Youtube menangguhkan tiga video Kimi Hime dan menerapkan pembatasan usia untuk enam video lainnya.

Sebelum mengaktifkan self blocking, jumlah video Kim Hime di YouTube berjumlah 467, sedangkan saat ini berkurang menjadi 407 video.

Artinya, ada 60 video yang menghilang dari saluran YouTube milik perempuan bernama asli Kimberly Khoe itu.

Channel YouTube Kimi Hime. (YouTube)

"Saya katakan, ini bentuk itikad baik dari pihak Kimi Hime. Kami hadir pada hari ini untuk memberikan penjelasan ke publik itu bahwa Kimi Hime itu punya itikad baik dan mau memberikan ruang atau menerima masukan-masukan dari pihak regulator," tutup Irfan Akhyari.

Sayangnya belum diketahui video Kimi Hime mana saja yang hilang dari YouTube. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Arya Saloka Meninggal Usai Kecelakaan Naik Moge, Benarkah?