Minggu, 17 November 2019
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Jum'at, 08 November 2019 | 13:45 WIB

Hitekno.com - Pengguna Instagram saat ini pasti sedang dibuat jatuh cinta dengan filter seru Truth or Dare buatan Aldisaw yang tengah viral di Insta Story. Berkenalan dengan sosok kreator ini, simak wawancara tim HiTekno bersama Aldisaw berikut ini ya.

Sosok kreator filter Truth or Dare ini dikenal melalui akun Instagram @aldisaw. Menjadi booming dengan deretan filter Instagram buatannya, akun pria asal Bandung ini sudah berhasil mengumpulkan lebih dari 697 ribu followers.

Menurut pantauan tim HiTekno pada Jumat (8/11/2019), Aldisaw sudah membuat total 15 filter Instagram yang tentunya begitu menghibur dan menarik.

15 filter Instagram tersebut antara lain Tempat Terakhir, Teka-teki Santuy, Ketchup Manja, Senja dan Kopi, Xilau, 80's Top Collection, Pindahan, Vlog, 80's Top Collection 1, TV Live, Juancok, Omkasbon Pancen Oye!, Oh Inzaf Nak!, Bacot!, dan Truth or Dare.

Dapat dikatakan, dari 15 filter Instagram ini, filter Truth or Dare dari Aldisaw adalah salah satu yang begitu booming dan diminati pengguna Instagram lainnya.

Simple, filter Truth or Dare ini berisi pertanyaan jujur dan tantangan berani untuk siapa saja yang memainkannya. Bisa dimainkan berdua, namun jika kamu sedang tidak ada rekan bermain, filter satu ini dapat kamu gunakan sendiri.

Aldisaw, kreator filter Truth or Dare. (instagram/aldisaw)

Cara penggunannya pun mudah, kamu hanya perlu mengikuti @aldisaw, dan mengakses kolom filter buatannya, setelah menyimpan filter yang ingin dicoba, melalui Insta Story, kamu dapat langsung memainkan Truth or Dare atau beberapa filter lainnya dari Aldisaw.

Berbalasan email dengan tim HiTekno, berikut 10 hal yang perlu kamu ketahui mengenai Aldisaw dan kiprahnya sebagai kreator filter Truth or Dare:

Hallo Aldi, boleh diceritain sedikit mengenai sosok kamu sebelum kemudian dikenal sebagai Instagram Filter Creator?
Hello, nama saya Aldi Saputra Wahyudi. Saat ini sedang kuliah di salah satu Universitas Swasta di Bandung dan mengambil jurusan Teknik Informatika. Sebelum menjadi Instagram Filter Creator, saya mendalami bidang Cyber Security. Saya juga IT Enthusiast, jadi terus mengikuti zaman.

Soal filter di Instagram, gimana cerita awalnya kamu tertarik masuk dunia kreator ini? Apa sudah tertarik sejak awal atau kena trigger tren zaman?
Awal tertarik membuat filter itu pada saat Instagram booming filter Flappy Bird karya @dvoshansky. Dari situ, saya mulai cari tahu cara membuat filter Instagram.

Beberapa filter yang kamu buat lebih banyak yang lucu dan interaktif, ide awal bikin filter Instagram seperti itu dari mana?
Ide awalnya sebenarnya nggak tentu, ada yang terinspirasi dari kreator lain, ada juga yang cuma eksperimen belajar aja untuk membuat filter. Eh malah lucu, jadinya saya publish deh.

Mengenai proses buat filter Instagram nih, kira-kira ada tools khusus nggak? Pasti banyak yang penasaran sama proses pembuatannya.
Kalau yang tertarik membuat filter ini, sekarang sudah banyak tutorial pembuatannya di internet sih. Di Facebook bahkan ada informasi cara pembuatannya, tools, dan informasi lainnya. Sekarang semua pengguna sudah dapat dengan mudah daftar dan membuat filter kok.

Dari deretan filter yang dibuat, paling booming salah satunya filter Truth or Dare. Secara khusus, inspirasi bikin filter ini dari mana?
Sekarang kan zaman industri 4.0 yang serba digital. Saya lalu mencoba mendigitalisasi permainan yang sudah ada dan biasanya dimainkan saat nongkrong bareng teman-teman. Biar lebih mudah, sekarang permainan itu bisa diabadikan melalui Instagram Story.

Aldisaw, kreator filter Truth or Dare. (instagram/aldisaw)

Ngomong soal proses pembuatan filter, kerja sama bareng Instagram ini cukup lancar atau ada beberapa hal yang sedikit ribet?
Kerja sama bareng Instagram ini menurut saya ribet. Banyak aturan yang harus dipenuhi, belum lagi proses reviewnya yang sangat lama hingga satu minggu. Kalau reject, harus mulai pengajuan lagi dari awal. Dulu, hanya membutuhkan 1 sampai 3 hari, filter langsung aktif di Instagram.

Dikenal sebagai Instagram Filter Creator, kira-kira kamu dapat keuntungan apa saja selain followers yang bertambah secara drastis?
Selain followers sih belum ada impact yang terlihat secara signifikan, ya paling sekarang banyak brand yang minta dibuatkan filter.

Banyak kan pengguna Instagram yang pakai filter Truth or Dare atau filter buatan kamu, sering ngecek satu-satu nggak?
Untuk yang mention saya, saya selalu cek satu-satu. Banyak banget yang lucu-lucu sih.

Pendapat kamu mengenai fitur baru Instagram dengan filter ini gimana? Apalagi nggak menutup kemungkinan kalau ke depannya fitur ini bakal digeser sama beberapa fitur baru Instagram lainnya.
Fitur filter Instagram mungkin akan tergeser sama fitur-fitur lainnya. Namun, ide dasar Augmented Reality yang lagi happening ini pasti punya pasar tersendiri di Indonesia dan memiliki lifetime yang cukup lama.

Ke depannya, ada rencana buat bikin filter lagi nggak? Ada bocoran nggak nih buat tim HiTekno.
Ada dong! Saat ini ada 1 filter game baru yang sedang nunggu approval dari Instagram. Tentunya juga ada update filter Truth or Dare dengan soal-soal yang lebih menarik. Jadi tunggu aja!