Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan | Husna Rahmayunita : Senin, 27 Januari 2020 | 14:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sempat beredar sebuah video yang menyebutkan Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dibaptis. Video ini dibagikan oleh akun Facebook Rubio.

Unggahan itu ditambahi narasi berbunyi, "Gus Dur dibaptis?? Pantesan ...oh pantesan. Keluarga dan pengikutnya rada-rada".

Tak lama setelah dibagikan, postingan tersebut telah dibagikan sebanyak 67 kali.

Lantas benarkah video Gus Dur dibaptis? Berukut penelusuran dan cek fakta terkati video Gus Dur dibaptis yang bikin heboh.

Penjelasan

Unggahan soal Gus Dur disebut dibaptis. (turnbackhoax.id)

Hasil penelurusan dan cek fakta turnbackhoax.id --jaringan Suara.com, unggahan akun Facebook Rubio tidak benar.

Sebenarnya, video yang menyebut Gus Dur dibaptis telah beredar sejak 2003 dalam bentuk Video CD (VCD).

Dalam video tersebut, Gus Dur bukan dibaptis melainkan tengah didoakan bersama umat Kristiani.

Saat itu, Gus Dur dikelilingi oleh romo, beberapa pendeta dan Cyndi Charkete, orang Amerika Serikat yang diutus untuk melakukan doa bersama.

Doa tersebut dipimpin oleh Pendeta Sudi Darma. Para pendoa pun serempat mengarahkan tangannya ke Gus Dur, diikuti ribuan pendeta dan jamaah lainnya.

Klarifikasi soal video Gus Dur dibaptis juga pernah dimuat oleh beberapa situs. Salah satunya Nu.or.id dalam artikel berjudul "Heboh, VCD Gus Dur Dibaptis", pada Jumat 7 November 2003.

Dalam artikel tersebut, seorang pendeta Katolik di Bondowoso, Jawa Timur, Romo Fajar menampik kabar Gus Dur dibaptis. Romo Fajar mengatakan, pendeta dan romo dalam acara itu hanya menyembahyangkan dan mendoakan keselamatan Gus Dur.

Ia pun menjelaskan, ritual baptis itu tidak mudah, harus melalui beberapa tahapan. Baptis Hakiki dilakukan bila seseorang ingin masuk Katolik.

Unggahan soal Gus Dur disebut dibaptis. (turnbackhoax.id)

Sementara dalam situs Liputan6.com, juga dimuat bantahan Gus Dur mengenai kabar dirinya dibaptis. Bantahan itu ditunjukkan lewat artikel berjudul "Gus Dur Bantah Pernah Dibaptis" pada 21 Februari 2008.

Gus Dur menegaskan dirinya tidak dibaptis menjadi non-muslim. Pernyataan itu disampaikan saat menghadiri sebuah acara dialog pengikut ajaran Tarekat Syatari yang digelar di Sumatera Barat. 

Menurut Gus Dur, jika dirinya benar dibaptis maka sudah mendapat penolakan dari para ulama di seantero Pulau Jawa.

"Saya datang ke tempat ibadah non-muslim di Istora, mereka punya perayaan lalu tokohnya minta saya naik ke atas panggung untuk didoakan. Siapa tahu kalau dia tersebut ditema oleh Alla atau tidakkan bukan urusan kita," demikian pernyataan Gus Dur.

Unggahan soal Gus Dur disebut dibaptis. (turnbackhoax.id)

Kesimpulan

Unggahan akun Facebook Rubio adalah palsu alias hoaks. Konten tersebut berisi narasi keliru sehingga masuk dalam kategori False Content. Faktanya, Gus Dur bukan dibaptis melainkan tengah didoakan oleh umat Kristiani.

Itulah hasil cek fakta megenai video yang menyebutkan Gus Dur dibaptis, ternyata konten palsu alias hoaks.

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkah Nokia akan Luncurkan N73 Reborn? Atau Cuma HP Hoaks?