Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 08 Februari 2020 | 13:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Dagny Zhu, seorang dokter cantik yang jadi sorotan setelah melakukan edukasi virus corona memakai media sosial. Bahkan ia memakai TikTok sebagai medianya.

Sosok Dagny Zhu sendiri sebenarnya seorang dokter spesialis mata dari NVISION Eye Center California. Ia menjadi perbincangan setelah video edukasinya tentang virus corona (atau 2019-nCoV) viral di media sosial.

Perempuan kelahiran Shanghai, China ini memiliki cara menarik untuk memberi pengetahuan seputar virus yang mematikan tersebut. Ia memakai aplikasi TikTok.

Tidak hanya memberikan edukasi, Dagny Zhu juga mencoba melawan hoaks dan sentimen rasis yang muncul bersamaan dengan penyebaran virus corona.

Dilaporkan Nextshark, Rabu (5/2/2020), dokter cantik ini mencoba menenangkan semua orang melalui video TikTok.

Video yang semapt viral di media sosial tersebut juga diunggah ke akun Instagram pribadinya, @dzeyemd, Selasa (4/2/2020).

Dokter cantik ini mengatakan, "Ketakutan menyebar. Dan rasa takut melahirkan kebencian. Saya memutuskan untuk mendedikasikan video Tiktok pertama saya untuk menyebarkan fakta tentang virus corona dan melawan rasisme yang secara nyata pernah saya saksikan".

Dagny Zhu, dokter cantik yang gunakan TikTok untuk edukasi virus corona. (Instagram/ dzeyemd)

Dalam video tersebut, Dagny Zhu menjabarkan data yang dikumpulkan oleh komunitas medis. Virus corona telah membunuh 400 orang, menginfeksi lebih dari 20.000, dan memiliki tingkat kematian sekitar 2 persen, ungkapnya.

Lulusan Harvard Medical School ini membandingkan membandingkan jumlah orang yang terinfeksi dan tingkat kematian dari virus corona baru dengan pandemi sebelumnya. Seperti SARS, MERS, flu burung H5N1 dan flu babi H1N1.

Dr. Zhu menjelaskan bahwa tingkat kematian SARS mencapai 9,6 persen. Virus yang berasal dari China itu telah membunuh 774 orang dan menginfeksi 8.098 lainnya secara global.

Sementara MERS, memiliki tingkat kematian yang jauh lebih tinggi dari 34,4 persen. Flu burung H5N1, yang telah membunuh 455 orang, memiliki tingkat kematian 53 persen.

Flu babi H1N1 adalah pandemi yang diketahui telah membunuh ratusan ribu orang, antara 151.700 dan 575.400.

"Untungnya semua virus ini akhirnya hilang kecuali flu musiman, yang menginfeksi jutaan dan membunuh 500.000 setiap tahun. Sepanjang hidup kita, kita hidup di antara virus mematikan yang menular," kata Dagny Zhu dalam videonya.

Dia mengingatkan semua orang untuk mencuci tangan dan tidak menyentuh mata, hidung, dan mulut ketika menderita flu.

Untuk diketahui, Dagny Zhu lahir di Shanghai, China, dan pindah ke Amerika Serikat bersama orang tuanya saat berusia 3 tahun, sebagaimana dijelaskan dalam situs nvisioncenters.com.

Ia adalah dokter spesialis mata terlatih dan bersertifikat Harvard khususnya dalam bedah kornea, katarak, dan refraktif.

Dagny Zhu berkuliah dengan beasiswa penuh dan lulus dengan predikat Summa Cum Laude dengan gelar dalam biologi molekuler, sel, dan perkembangan. Ia menerima gelar MD-nya dari Harvard Medical School.

Selain mumpuni dalam bidang kedokteran, Dagny Zhu juga lancar dalam berbahasa Mandarin China, Shanghai, Inggris dan Spanyol.

Itulah sosok Dagny Zhu, dokter cantik yang memanfaatkan TikTok dan media sosial untuk edukasi virus corona. (Suara.com/ Rifan Aditya).

BACA SELANJUTNYA

Sedah Marak di TikTok, Apa Itu Roleplay RP dan Dampak Buruknya