Senin, 21 September 2020
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Kamis, 13 Februari 2020 | 12:30 WIB

Hitekno.com - Netizen beberapa waktu yang lalu dibuat heboh dengan unggahan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Dalam unggahan tersebut, BEM FT UNJ melakukan blur pada foto pengurus perempuannya.

Membuat heboh dan memicu kontroversi, BEM FT UNJ akhirnya membuat konfirmasinya dalam surat klarifikasi yang diunggah secara resmi. Bukannya memicu simpati netizen, surat klarifikasi ini justru mendapat revisi masal dari netizen Twitter yang super teliti.

Secara garis besar, dalam surat klarifikasi ini, pihak BEM FT UNJ mengaku tidak melakukan blur pada foto pengurus perempuan, melainkan hanya menurunkan opacity di foto tersebut.

Tidak diterima mentah-mentah oleh netizen Twitter, unggahan BEM FT UNJ ini lalu direvisi masal oleh netizen yang merasa bahwa banyak kesalahan dalam penulisan surat klarifikasi ini.

Adalah netizen dengan akun @exaggerating_ yang mengunggah hasil revisi masal untuk surat klarifikasi yang telah ia buat ini.

Revisi masal surat klarifikasi BEM FT UNJ. (twitter/menghanyurkan)

Menurutnya, dalam surat ini ada beberapa kata yang tidak baku dan tidak seharusnya digunakan dalam surat klarifikasi yang datang dari badan mahasiswa. Penempatan kalimat sampai penempatan huruf besar dalam kalimat juga dirasa kurang tepat.

Tidak konsisten juga terjadi dalam beberapa pemilihan kata yang digunakan. Misalnya, dalam surat ini, BEM FT UNJ menggunakan kata 'perempuan' di awal surat, dan 'wanita' di beberapa bagian surat. Hal tersebut dirasa kurang konsisten dan tidak seharusnya dilakukan.

Lebih lanjut, mengenai bagian penempatan tanda baca hingga spasi dalam surat klarifikasi BEM FT UNJ juga ikut dirasa kurang tepat.

Revisi masal surat klarifikasi BEM FT UNJ. (twitter/exaggerating_)

Di akhir revisi masal surat klarifikasi BEM FT UNJ, netizen ini meminta netizen untuk melakukan revisi lainnya terkait hal tersebut. Benar saja, banyak netizen yang sepakat dengan revisi ini dan ikut melakukan revisi lainnya.

"Ni PUEBI-nya aku benerin sebisa aku biar seenggaknya malunya berkurang walaupun substansinya tetap jelek banget" tulis @exaggerating_ dalam cuitannya.

Viral di Twitter, revisi masal surat klarifikasi BEM FT UNJ ini sudah mendapat lebih dari 500 retweets dan lebih dari 1.000 likes dari netizen. Ada revisi yang mau kamu tambahkan lagi?