Selasa, 18 Februari 2020
Agung Pratnyawan : Kamis, 13 Februari 2020 | 16:15 WIB

Hitekno.com - Beredar sebuah video yang menampilkan petugas paramedis menjatuhkan terdiga pasien virus corona. Video ini jadi sorotan netizen hingga viral di media sosial.

Dalam video, nampak petugas paramedis di Rumania tidak sengaja menjatuhkan pasien yang diduga terjangkit virus corona (COVID-19) saat dibawa dengan tandu.

Video yang memperlihatkan kejadian memalukan ini viral di media sosial. Bahkan ditayangkan dalam siaran televisi setempat.

Pasien merupakan seorang wanita yang berprofesi sebagai guru berusia 32 tahun. Ia baru saja kembali dari Wuhan, China, pusat virus corona.

Dilaporkan Daily Mail, Rabu (12/2/2020), pada bagian awal rekaman video menunjukkan empat paramedis yang memakai baju hazmat membawa pasien dari dalam rumah ke ambulans dengan tandu. Seorang petugas medis lain berada membuka pintu ambulans.

Saat akan naik ke mobil, salah satu paramedis kehilangan keseimbangan hingga jatuh tersungkur ke tanah.

Paramedis lainnya dengan cepat bersama-sama menolong orang yang jatuh tersebut. Mereka mengangkatnya lagi dan berhasil membawa si pasien ke dalam ambulans.

Paramedis jatuhkan pasien diduga cena Virus Corona dari tandu (twitter @marcus_valentin)

Petugas medis yang jatuh tampak malu. Sementara pasien di dalam tandu dikabarkan tidak terluka dalam kecelakaan tersebut.

Telah dikonfirmasi, gejala yang dialami sang pasien disebabkan oleh flu biasa, dan bukan virus corona.

Wanita itu kembali ke Rumania setelah mengajar bahasa Inggris di kota Kunming, Provinsi Yunnan, Tiongkok Selatan, pada 1 Februari. Ia terbang kembali melalui Hong Kong dan London.

Dia mulai merasa sakit setelah tiba di rumahnya di Suceava, Rumania dan lalu menemui dokter.

Ketika guru itu mengatakan dia baru saja melakukan kunjungan ke China, petugas medis memutuskan untuk mengisolasinya. Dia memakai infus dan tandu tertutup sebelum dipindahkan ke unit isolasi di Rumah Sakit Iasi khusus penyakit menular.

Silvia Buleac, dari Suceava Public Health Authority, mengatakan, "Sekembalinya di negara itu, si pasien datang ke rumah sakit dengan kondisi demam. Dia diawasi dan diobservasi."

"Kami telah menghubungi anggota keluarga, kami akan menyelidiki mereka yang ada di pesawat bersama orang ini," kata Buleac.

Petugas medis rumah sakit Carmen Dorobat mengatakan wanita itu sekarang dalam keadaan sehat.

Dia menjelaskan, "Pasien itu kami terima dalam kondisi demam dan batuk. Ini bukan kondisi yang sangat serius, tetapi kasus ini membutuhkan perhatian kita."

Untuk diketahui, hampir 15.000 kasus baru telah dilaporkan dalam periode 24 jam ke belakang, sehingga jumlah total kasus virus corona COVID-19 mendekati angka 60.000.

Dikutip dari The Guardian, terjadi lebih dari 245 kematian dicatat pada hari Rabu (12/2/2020) yang dilaporkan pada hari Kamis (13/2/2020) dini hari.

Jumlah ini meningkat dibandingkan dengan 97 kematian pada hari sebelumnya. Dengan peningkatan yang signifikan ini, jumlah kenaikan mencapai kenaikannya mencapai 250 persen.

Virus corona (COVID-19) menyebar ke lebih dari 25 negara baik di seluruh dunia.

Itulah video yang viral di media sosial dengan menampilkan petugas paramedis Rumania  yang menjatuhkan terduga pasien virus corona. (Suara.com/ Rifan Aditya).