Senin, 10 Agustus 2020
Agung Pratnyawan : Senin, 24 Februari 2020 | 07:28 WIB

Hitekno.com - Beredar foto yang menampilkan pegawai SPBU Pertamina yang mengenakan atribut Natal saat melayani konsumen. Diklaim ini terjadi karena pemerintah salah memilih komisaris utama.

Menteri BUMN Erick Thohir menunjuk eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero).

Foto pegawai SPBU mengenakan atribut Natal diunggah oleh akun Twitter bernama @pejuangtauhidku. Ia menyebut kebijakan tersebut dibuat oleh komisaris baru, yakni Ahok.

Dalam foto tersebut tampak pegawai SPBU wanita sedang melayani konsumen yang membeli BBM. Wanita berkerudung itu mengenakan atribut Natal berupa topi Santa Claus hingga topi berbentuk tanduk rusa.

"Inilah akibat memilih komisaris kafir. Budaya perusahaan lambat laun akan tidak sesuai dengan syariat Islam," tulis akun tersebut.

CEK FAKTA: Pegawai Pertamina Pakai Atribut Natal Akibat Ahok Jadi Komisaris?

Penjelasan

Dari hasil cek fakta penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Sabtu (22/2/2020), foto yang diunggah oleh akun tersebut merupakan foto lama.

Foto tersebut merupakan kegiatan rutin menyambut perayaan Natal yang digelar oleh manajemen SPBU Payaman pada 2015 silam.

Mandor SPBU Payaman Ema Susianti mengaku para pegawai akan memakai atribut Natal setiap perayaan Natal tiba. Atribut yang dipakai mulai dari bando untuk pegawai wanita dan topi kacamata bermotif Santa Claus untuk pegawai pria.

CEK FAKTA: Pegawai Pertamina Pakai Atribut Natal Akibat Ahok Jadi Komisaris?

Adapun Komisaris Pertamina kala itu adalah Tanri Abeng. Pria kelahiran Selayar, 7 Maret 1942 itu merupakan seorang muslim.

Posisi Tanri Abeng kemudian digantikan oleh Ahok. Ahok resmi dilantik menjadi komisaris utama pada 25 November 2019.

Kesimpulan

Konten yang diunggah oleh akun @pejuangtauhidku merupakan konten yang meresahkan. Foto yang diunggah adalah foto lama, yakni pada 2015 silam.

Foto tersebut kembali diunggah dan dikaitkan dengan dilantiknya Ahok menjadi petinggi Pertamina untuk membuat isu di kalangan masyarakat.

Itulah hasil cek fakta tentang foto yang mengklaim pegawai Pertamina pakai atribut Natal karena Ahok sebagai komisaris utama yang ternyata tidak benar. (Suara.com/ Chyntia Sami Bhayangkara).