Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Minggu, 08 Maret 2020 | 11:28 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Dalam rangka merayakan Hari Perempuan Internasional atau International Women's Day, netizen berbondong-bondong menggemakan hashtag #InternationalWomensDay. Banyak dari netizen menyuarakan kesetaraan dan memperjuangkan hak perempuan melalui berbagai cuitan.

Menurut pantauan dari situs Trends24.in, hashtag #InternationalWomensDay mulai menempati deretan trending topik Twitter regional Indonesia pada pukul 07.00 WIB.

Hingga artikel ini dibuat, hashtag #InternationalWomensDay sudah memuncaki trending topik Twitter setelah dicuitkan lebih dari 110 ribu kali.

Banyak dari netizen mencuitkan dan membahas Hari Perempuan Internasional untuk merayakan sekaligus mengucapkan terima kasih atas perempuan-perempuan yang mereka sayangi di sekitar mereka sendiri.

Sebagian netizen bahkan mencuitkan #InternationalWomensDay untuk ibu, saudara perempuan, hingga kekasih hati mereka.

InternationalWomensDay trending di Twitter. (Twitter)

Dikutip dari Wikipedia bersumber pada artikel milik PBB berjudul "United Nations page on the background of the IWD", Hari Perempuan Internasional pertama kali dirayakan pada tanggal 28 Februari 1909 oleh Partai Sosialis Amerika Serikat.

Demonstrasi pada tanggal 8 Maret 1917 yang dilakukan oleh para perempuan di Petrograd memicu terjadinya Revolusi Rusia.

Hari Perempuan Internasional secara resmi dijadikan sebagai hari libur nasional di Soviet Rusia pada tahun 1917, dan dirayakan secara luas di negara sosialis maupun komunis.

Pada tahun 1914, Hari Perempuan Internasional diadakan pada tanggal 8 Maret dan sekarang selalu diadakan pada tanggal 8 Maret di semua negara.

International Womens Day atau Hari Perempuan Internasional diperingati netizen dengan menggemakan hashtag InternationalWomensDay. (Twitter/ nad_vaa)

Kemudian pada tahun 1977, Hari Perempuan Internasional diresmikan secara tahunan oleh PBB untuk memperjuangkan hak perempuan dan mewujudkan perdamaian dunia.

Banyak netizen yang mencuitkan hashtag #InternationalWomensDay dengan berbagai kata penyemangat untuk perempuan-perempuan di sekitar mereka.

"Happy #InternationalWomensDay, saya ingin mengenali semua ilmuwan komputer wanita & peneliti lain yang memajukan pengetahuan kita hingga sampai sejauh ini. Terima kasih untuk semua yang kamu lakukan!" cuit @JeffDean.

Trending InternationalWomensDay dirayakan oleh artis India sekaligus netizen lainnya. (Twitter/ urstrulyMahesh)

"#InternationalWomensDay bukan sebatas tentang perilaku narsis, diskon produk kecantikan, dan diskon kue. Ini tentang sejarah perjuangan yang melebihi semua itu. Ini adalah hari yang menyoroti antara penindasan kapitalisme dan pembatasan hak-hak perempuan," kata @Advaidism.

"Hari ini adalah #InternationalWomensDay, jadilah kuat, memberdayakan, namun elegan. Dan seperti biasa, ratu selalu mendukung ratu," komentar @sangpisank.

Hingga artikel ini ditulis, masih banyak netizen yang mencuitkan hashtag #InternationalWomensDay untuk merayakan Hari Perempuan Internasional di Twitter.

BACA SELANJUTNYA

Viral Video Mahasiswi KKN yang Diusir Warga Akhirnya Minta Maaf, Malah Kena Nyinyir Netizen