Jum'at, 07 Agustus 2020
Dinar Surya Oktarini : Kamis, 26 Maret 2020 | 10:45 WIB

Hitekno.com - Bersama Komisi X DPR RI dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sepakat untuk menghapus adanya Ujian Nasional. UN 2020 karena pandemi virus corona COVID-19. 

Penghapusan UN itu pun menjadi topik hangat di media sosial Twitter. Tak sedikit warganet yang membuat lelucon atau meme mengenai dihapusnya UN 2020.

Salah satunya seperti yang dibagikan oleh akun Twitter @prkdlx pada 25 Maret. Pemilik akun mengunggah empat gambar meme dampak penghapusan UN dalam bentuk judul berita yang telah diedit sehingga menampilkan judul-judul yang nyeleneh.

Salah satu meme tersebut memiliki judul berita yang telah diedit itu berbunyi, "UN Dihapus, Rektor UNPAD: 'Kami tidak ada rencana mengganti nama kampus menjadi PAD'". Adapun judul nyeleneh lainnya adalah "Anggun: 'Aku Ga Setuju Sih Kalo UN Ditiadakan, Masa Namaku Jadi Angg?'".

Tak hanya itu, meme itu pun juga menyoroti Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un yang memiliki kata "Un" pada namanya. Judul berita yang telah diubah itu pun menjadi "Kim Jong Un Belum Berkomentar Apapun Terkait Penghapusan 'UN' Pada Namanya".

Penghapusan UN yang dimaksudkan dalam meme tersebut merujuk pada arti yang sebenarnya yaitu huruf U dan N, bukan UN singkatan untuk Ujian Nasional.

"Dampak 'penghapusan' UN," tulis akun @prkdlx dalam kolom keterangan.

Meme penghapusan UN. [Twitter]

"Chef Juna jadi Chef Ja dong," tulis akun @littlebabygurls.

"Kasian nanti baca Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia jadi 'Dang Dang Dasar Negara Republik Indonesia'," komentar @hungrycatty.

"Lah kalau UN dihapuskan, UNY jadi Y doang dong. Kalau ditanya kamu kuliah mana? Jawabnya Y. Sombong amat..." tambah @fauzannihwan1.

"Nggak gitu juga woy wkwk," ungkap @Mrlnyyy.

"Aku bacanya udah serius-serius tapi kok..." cuit @ambyarrrrrrrhh.(Suara.com/Lintang Siltya Utami)