Senin, 06 April 2020
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Kamis, 26 Maret 2020 | 13:24 WIB

Hitekno.com - Akun Twitter seorang dokter dengan username @ber********* belum lama ini diserang netizen usai diduga menyebar hoaks mengenai Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini atau yang kerap disapa Bu Risma.

Hal ini bermula dari akun @ber********* yang mengunggah dua potret di akun Twitter pribadinya pada Rabu (25/3/2020) lalu.

Pada potret yang pertama, nampak Bu Risma tengah memegang selang air sambil menyemprotkan air pada besi-besi jembatan. Sedangkan pada foto yang kedua, nampak petugas sedang menyemprotkan disinfektan.

Menyebut Bu Risma dengan sebutan 'syantique', sang dokter dengan akun @ber********* menyarankan agar Bu Risma tidak menyemprotkan disinfektan dengan selang layaknya yang terjadi pada potret tersebut.

Dengan kata khiasan, dirinya lalu menyarankan Bu Risma untuk menyimpan selang yang ia sebut 'tongkat peri' tersebut. Menutup cuitannya, dokter ini juga meminta agar Bu Risma tidak marah dan selalu menjaga kesehatan.

Wali kota Surabaya, Tri Rismaharini. [Suara.com/Dimas Angga Perkasa]

''Hoaksnya, Bu Risma tidak lagi menyemprot disinfektan terkait virus corona. Itu berita tahun 2017'' tulis netizen dengan akun @03_nakula menjelaskan.

Cuitan ini lalu dianggap telah menyebarkan hoaks. Pasalnya, potret Bu Risma tersebut telah diambil tahun 2017 lalu dan saat itu, dirinya bukan menyemprotkan disinfektan.

''Di saat-saat begini, ada dokter jadi penyebar hoaks. Alih-alih minta maaf malah mengunci akun. Apakah dokter ini sedang tidak ada pekerjaan saat dokter lain fokus bekerja,'' ungkap akun @zoelfick.

Dokter sebar hoaks tentang Biu Risma. (twitter/zoelfick)

''Terbukti, tingginya ilmu tidak menjadikan seseorang menjadi dewasa dalam berucap dan berlaku'' balas akun @enzokoe.

''Mungkin ini satu-satunya dokter yang lagi sempet bikin sensasi dengan cuitannya di tengah wabah COVID-19'' komentar netizen dengan akun @Hery091068.

Menerima berbagai hujatan dari netizen yang kesal dengan cuitannya yang dianggap menyebar hoaks tentang Bu Risma, akun @ber********* milik dokter ini diketahui telah dikunci dan tidak lagi bisa diakses secara bebas.