Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 31 Maret 2020 | 10:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Di tengah kebijakan lockdown secara nasional di Inggris, masih saja ada warga yang "nyeyel" dalam melakukan aksi foto untuk konten Instagram atau media sosial lainnya. Kepolisian di Buxton, Inggris harus menghitamkan sebuah danau cantik menggunakan cairan khusus.

Dijuluki sebagai Blue Lagoon, sebuah danau di Buxton ini memang mempunyai pemandangan yang sangat cantik.

Bagaimana tidak, airnya sangat jernih dengan paduan warna biru muda di sekelilingnya.

Menurut laporan dari CNN, lockdown di Inggris ternyata tidak menghentikan Instagrammer untuk berbondong-bondong ke danau tersebut.

Sebagai referensi, danau itu adalah bekas tambang batu kapur di Harpur Hill yang mempunyai perairan biru cerah sehingga dijuluki Blue Lagoon.

Polisi mengeluarkan cairan hitam agar orang-orang tidak mau berkumpul. (Facebook/ Buxton Police SNT)

Dikutip dari Mashable, warna biru tropis yang menawan menunjukkan tingkat toksisitasnya.

Airnya dilaporkan memiliki tingkat pH 11,3 yang berarti hampir cocok dengan cairan pemutih.

Ini bukan pertama kalinya polisi mengecat air menjadi hitam. Taktik ini telah digunakan di masa lalu untuk mencegah perenang (mengingatkan air pada dasarnya adalah pemutih) menceburkan diri di danau.

Meski memiliki tingkat toksisitas cukup tinggi, itu tak mengurangi daya tarik para influencer hingga Instagrammer untuk berfoto ria di Blue Lagoon Buxton meski Inggris tengah lockdown.

Danau ini dibuat menghitam oleh polisi agar orang-orang tidak berkumpul di tengah wabah virus corona. (Facebook/ Buxton Police SNT)

"Kemarin kami menerima laporan bahwa orang-orang telah berkumpul di Blue Lagoon, Harpur Hill, Buxton. Aksi perkumpulan ini sangat bertentangan dengan instruksi dari pemerintah Inggris. Kami sudah hadir di lokasi dan menggunakan pewarna air untuk membuat danau menjadi terlihat kurang menarik," tulis postingan di akun Facebook resmi milik Buxton Police.

Jadi, daripada terus-menerus pergi ke Blue Lagoon untuk membagikan denda, polisi memutuskan untuk membuatnya kurang menarik sehingga Instagrammer tidak berduyun-duyun ke sana.

Meski aksi ini terlihat mengotori danau, namun itu harus dilakukan oleh kepolisian Buxton agar orang tetap menaati instruksi lockdown dan tidak pergi ke tempat wisata populer.

BACA SELANJUTNYA

Ilmuwan Ungkap Fakta Unik Terkait Ilmu Hitam dan Karma