Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 02 April 2020 | 08:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Saat ini aplikasi Zoom sedang laris digunakan untuk rapat opline atau kelas online ketika pandemi virus corona COVI-19. Jika kamu termasuk pengguna aplikasi ini, waspada jangan sampai jadi korban Zoombombing.

Karena siapa sangaka, aplikasi ini memiliki celah keamanan. Dari celah keamanan ini, pengguna aplikasi bisa menjadi korban dari Zoombombing.

Jumlah pengguna Zoom di dunia memang sedang naik karena mayoritas penduduk Bumi kini dipaksa bekerja dari rumah akibat Covid-19. Pengguna Zoom pun beragam, dari mahasiswa, pekerja kantoran, hingga para pemimpin negara.

Tetapi di saat situasi seperti sekarana, praktik Zoombombing belakangan malah sedang tren.

Ini terjadi ketika tamu tak diundang muncul di tengah meeting online dan merusak pertemuan dengan ragam cara, mulai dari berteriak-teriak, menyiarkan film porno, sampai ancaman serta ujaran kebencian.

Di Inggris misalnya, ibadah online umat Yahudi diganggu oleh pelaku zoombombing yang meneriakan ujaran kebencian dan hinaan rasialis, demikian dilaporkan BBC.

Sementara di Boston, Amerika Serikat dua kelas online diganggu oleh orang yang meneriakkan kata-kata mesum serta kelompok nasionalis yang memamerkan tato swastika ala Nazi.

Ilustrasi aplikasi Zoom di laptop. [Shutterstock]

Polisi federal AS, FBI, sendiri telah mengeluarkan peringatan agar para pengguna Zoom lebih berhati-hati saat menggunakan aplikasi tersebut.

"FBI menganjurkan Anda untuk lebih berhati-hati dan teliti dalam menjaga keamanan siber," bunyi seruan FBI seperti dilansir Newsweek.

Sementara di New York, kantor kejaksaan sudah menyurati Zoon dan meminta perusahaan itu memastikan keamanan layanannya dari para peretas.

Zoom, dalam tanggapannya kepada BBC, mengatakan bahwa pihaknya sangat serius soal privasi, keamanan, dan kepercayaan pengguna.

"Selama pandemi Covid-19 kami bekerja sepanjang hari untuk memastikan rumah sakit, universitas, sekolah, dan bisnis lain di seluruh dunia bisa terus terhubung dan beroperasi. Kami menghargai perhatian kantor kejaksaan New York dan akan menyediakan informasi yang dia perlukan," bunyi keterangan resmi Zoom.

Itulah celah keamanan pada aplikasi Zoom yang dimanfaatkan orang tidak bertanggung jawab untu melakukan Zoombombing. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

BACA SELANJUTNYA

Cara Mengganti Background Zoom, Mudah dari HP maupun Laptop