Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 08 April 2020 | 15:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Beredar video di media sosial yang mengklaim seorang pedagang sengaja meludahi makanan yang sedang ia bungkus. Aksi ini ditunding sebagai jihad corona.

Video tersebut diunggah oleh akun Facebook 'I Hate NDTV'. Dalam video terlihat seorang pria sedang membungkus makanan, ia meludahi makanan tersebut secara diam-diam sembari memperhatikan sekitar.

Berikut isi narasi unggahan tersebut:

"Corona jihad: This guy is spitting into the food he's packing for you".

Benarkah klaim unggahan video pedagang sengaja ludahi makanan tersebut?

Cek Fakta: Pedagang Ludahi Bungkus Makanan Sebagai Jihad Corona (turnbackhoax.id)

Penjelasan

Dari cek fakta dan penelurusan Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Rabu (8/4/2020), video tersebut tidak terkait dengan video corona. Video serupa pertama kali diunggah di akun YouTube pada 26 April 2019, sebelum virus corona merebak.

Video tersebut diunggah oleh akun YouTube Yusuf Studio dengan judul video 'Viral! Menjijikkan Cara Kedai Mamak Bungkus Papadem'.

Cek Fakta: Pedagang Ludahi Bungkus Makanan Sebagai Jihad Corona (turnbackhoax.id)

Melansir dari thequint.com, artikel tersebut merujuk ke laman feedne.com.my dengan artikel berjudul 'Watch: Mamak Staff Blows Air and Saliva into Papadum Bags, Enrages Netizens (Simak: Staf Mamak Meniupkan Udara dan Air Liur ke Dalam Bungkus Papadum, Memicu Amarah Netizen)'. Artikel tersebut terbit pada 1 Mei 2019.

Dengan temuan video dan artikel tersebut, maka dapat dipastikan video yang baru-baru ii diunggah kembali itu tidak ada kaitannya dengan virus corona.

Cek Fakta: Pedagang Ludahi Bungkus Makanan Sebagai Jihad Corona (turnbackhoax.id)

Kesimpulan

Dari fakta yang berhasil dikumpulkan, video tersebut tidak benar. Video tersebut masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

Itulah hasil cek fakta video yang diklaim seorang pedagana ludahi makanan sebagai jihad corona. Yang ternyata konten ini salah dan termasuk menyesatkan. (Suara.com/ Chyntia Sami Bhayangkara).

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkah Nokia X600 Pakai Snapdragon 8 Gen 2 Baterai 8500 mAh dan Kamera 200MP?