Selasa, 23 April 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 12 April 2020 | 06:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Beredar informasi yang mengklaim grup musik legendaris Bimbo telah menciptakan lagu terkait virus corona sejak 30 tahun silam. Tak sedikit masyarakat yang mempercayainya.

Anggapan yang beredar luas di media sosial ini langsung membuat netizen heboh. Terlebi menggunakan nama grup musik legendaris ini.

Pasalnya, Bimbo dianggap telah memprediksi adanya wabah mematikan yaitu COVID-19 sejak puluhan tahun yang lalu.

Salah seorang warganet pengguna Facebook sempat menulis status.

"Lagu corona dari Bimbo, dulu hanya dianggap sebagai lagu. Ternyata sekarang terbukti. Lagu 30 tahun yang lalu jadi kenyataan sekarang, luar biasa. Subhanallah," tulis akun bernama Bob.

Hoaks lagu Bimbo soal corona diciptakan 30 tahun yang lalu (Facebook).

Namun, apakah benar demikian?

PENJELASAN

Berdasarkan cek fakta dan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com diketahui bahwa klaim lagu itu diciptakan 30 tahun yang lalu adalah salah.

Salah satu personel Bimbo, Acil menegaskan kalau lagu soal corona itu adalah lagu baru.

Lagu tersebut bahkan belum dirilis secara resmi tetapi sudah terlanjur beredar luas di media sosial.

"Kita baru selesai juga, baru bikin [lagunya] seminggu yang lalu. Baru selesai rekamannya juga baru seminggu," tukasnya saat dihubungi lewat sambungan telepon, Jumat (10/4/2020).

Acil juga mengatakan kalau lagu itu dibuat atas permintaan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo.

Ia pun kaget saat mengetahui bahwa lagu corona yang ia kerjakan sudah beredar luas di kalangan masyarakat dan bahkan ada yang menganggap lagu itu diciptakan 30 tahun yang lalu.

"Kita juga kaget, jadi sakti. Bagusnya itu jadi promosi lah,” pungkasnya.

KESIMPULAN

Dari keterangan Acil di atas maka jelas bahwa kabar tersebut memuat informasi yang salah. Lagu corona yang sedang digarap oleh grup musik Bimbo tidak diciptakan 30 tahun yang lalu melainkan belum lama ini.

Itulah hasil cek fakta lagu Bimbo terkait virus corona ternyata bukan ciptaan 30 tahun silam, melainkan lagu baru. (Suara.com/ Ruhaeni Intan).

BACA SELANJUTNYA

Aldi Taher Bikin lagu Messi Batal ke Indonesia, Takut Diajak Podcast ke Andara?