Senin, 29 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 15 April 2020 | 06:20 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Beredar postingan media sosial yang mengklaim Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengeluarkan Kartu Corona Indonesia Sehat atau KARCIS sebagai langkah membantu masyarakat menghadapi pandemi virus corona COVID-19.

Kabar tersebut beredar di sosial media Facebok yang diunggah di grup Tetap Jokowi, lengkap dengan gambar Presiden Jokowi memegang sebuah kartu.

Narasi kabar tersebut sebagai berikut:

“JOKOWI keluarkan KARTU SAKTI untuk hadapi virus CORONA!
Come to inpes awer contri
you don be apraid!
CORONA is not problem
my contri is peri perii aman!
“KARCIS ”
Kartu Corona Indonesia Sehat”

Lantas, benarkah Presiden Jokowi mengeluarkan Kartu Corona Indonesia Sehat untuk menanggulangi wabah covid-19?

Hoax Jokowi keluarkan Kartu Corona Indonesia Sehat. (Turnbackhoax.id)

Penjelasan

Menurut cek fakta dan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, gambar Jokowi sedang memegang kartu tersebut merupakan foto ketika Jokowi tengan berpidato saat kampanye Pemilu 2019.

Foto tersebut diambil pada 24 Februari 2019 dalam acara Konvensi Rakyat di Sentul Innternational Convention Center Bogor Jawa Barat.

Sedangkan, kartu yang tengah dipegang Jokowi tersebut adalah Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, yang sedang dipromosikan sebagai terobosan saat kampanye.

Sementara mengenai program penanganan covid-19 yang dicanangkan pemerintah dilakukan berdasarkan realokasi anggaran dari APBN dan APBD, bukan dari KARCIS.

Jokowi memegang KIP saat kampanye Pilpres 2019. (YouTube/metrotvnews)

Kesimpulan

Konten berisi gambar dan narasi tentang Presiden Jokowi mengeluarkan Kartu Corona Indonesia Sehat (KARCIS) merupakan konten yang dimanipulasi. Jadi, kabar KARCIS tersebut merupakan kabar bohong atau Hoax.

Itulah cek fakta postingan yang mengklaim Presiden Jokowi mengeluarkan Kartu Corona Indonesia Sehat (KARCIS) yang ternyata tidak benar. (Suara.com/ Farah Nabilla).

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Bikin Banyak Orang Kegocek, Ini yang Perlu Anda Tahu tentang Nokia Minima 2100