Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Jum'at, 24 April 2020 | 12:53 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Statement Presiden Jokowi mengenai perbedaan mudik dan pulang kampung cukup menimbulkan kontroversi beberapa waktu belakangan ini. Entah karena hal itu atau bukan, arti mudik di Wikipedia lalu berubah terus dan menjadi sasaran netizen yang iseng.

Dalam tayangan Mata Najwa yang tayang pada Rabu (22/4/2020), saat ditanya Najwa Shihabt mengenai warga yang pulang kampung, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa mudik dan pulang kampung memiliki perbedaan arti.

Dirinya menjelaskan bahwa mudik dan pulang kampung adalah dua hal yang berbeda. Menurutnya, yang dilakukan hampir 1 juta warga tersebut adalah pulang kampung, bukan mudik.

Laman Wikipedia lalu turut menjadi sasaran aksi netizen yang iseng ini. Usai ditelusuri tim HiTekno.com, pengertian mudik di Wikipedia sempat diganti beberapa kali oleh netizen, mengingat laman Wikipedia memungkinkan siapa saja untuk melakukan revisi.

Sebelum diganti, pada 22 April 2020 arti mudik di Wikipedia masih normal dan disebutkan bahwa mudik sama artinya dengan pulang kampung.

Arti mudik di Wikipedia. (Wikipedia)

Setelah tayangan Mata Najwa dan ucapan Jokowi menjadi kontroversi, pengertian mudik di Wikipedia lalu berubah secara berkala hasil netizen yang iseng. Revisi yang pertama, netizen menegaskan bahwa mudik berbeda dengan pulang kampung.

Arti mudik di Wikipedia. (Wikipedia)

Revisi lainnya dilakukan tidak lama kemudian. Menegaskan bahwa mudik sama dengan pulang kampung, revisi ini cukup mencuri perhatian.

Arti mudik di Wikipedia. (Wikipedia)

Semakin menjadi-jadi, kali revisi yang diberikan netizen untuk arti mudik menegaskan bahwa mudik bukanlah pulang kampung.

Arti mudik di Wikipedia. (Wikipedia)

Setelah diganti beberapa kali, akhirnya arti mudik kembali seperti semula dengan sumber referensi dari laman Wikipedia mengenai Hari Libur.

Arti mudik di Wikipedia. (Wikipedia)

Pada pemantauan terakhir yang dilakukan tim HiTekno.com, pengertian mudik di Wikipedia telah kembali seperti semula usai diganti beberapa kali usai Presiden Jokowi menyebut mudik berbeda dengan pulang kampung.

BACA SELANJUTNYA

Ganjar Pranowo Dipanggil Jokowi ke Istana, Netizen: Pendukung Anies Sedih Melihat Ini