Selasa, 27 Oktober 2020
Agung Pratnyawan : Rabu, 20 Mei 2020 | 03:00 WIB

Hitekno.com - Beredar postingan di media sosial yang memberikan tangkapan layar dari artikel berjudul "Wapres Tidak Masalah Konser Di Bulan Ramadhan Malah Anda Ikut Nonton & Ikut Berdonasi Pahalanya Melebihi Berpuasa".

Potongan berita itu diunggah oleh sebuah akun Facebook Putra Inka ke grup INDONESIAN BERSUARA dengan narasi keterangan foto sebagai berikut:

"Ini Menari Di Atas Luka Rakyat Mbah Amin Di Lockdown Rakyat Patuh,Rakyat Suruh Di Rumah Saja Rakyat Nurut,Di Suruh Ndak Mudik Rakyatpun Nurut,Di Suruh Ibadah Di Rumah Jg Nurut,Lha Ini Bertajuk Konser Tanggal 23 mei Tapi Sebenarnya Mereka Merayakan ULTAH PKI Yg ke 100.
Saya Mbah 7 turunan ndak Sudi Nonton Dan Berdonasi Di Konser PKI Ke 100."

Cek Fakta klaim wapres Maruf Amin soal konser dibolehkan saat Ramadan. (Turnbackhoax.id)

Lantas benarkah Wapres Maruf Amin menyebut bahwa tak masalah mengadakan konser di bulan Ramadan, dan menyebut bahwa yang ikut menonton dan berdonasi pahalanya melebihi puasa?

Penjelasan

Berasarkan cek fakta dan penelusuran Turnbackhoax.id --jaringan Suara.com, klaim bahwa ada artikel berjudul "Wapres Tidak Masalah Konser Di Bulan Ramadhan Malah Anda Ikut Nonton & Ikut Berdonasi Pahalanya Melebihi Berpuasa" adalah klaim yang salah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, gambar tangkapan layar artikel berita itu adalah hasil suntingan atau manipulasi.

Artikel yang sebenarnya adalah berjudul "Wapres Menyayangkan Khofifah Mengizinkan Salat Idulfitri Berjemaah di Masjid" yang dimuat di situs berita JPNN.com pada Senin, 18 Mei 2018.

Artikel tersebut berisi tentang permintaan Wakil Presiden Maruf Amin kepada semua kepala daerah agar memenuhi aturan dan imbauan pemerintah pusat dalam penyelenggaraan kegiatan keagamaan di tempat ibadah.

Termasuk pelaksanaan salat Idul Fitri pada 24 Mei mendatang.

Cek Fakta Artikel soal klaim Wapres Maruf Amin. (Turnbackhoax.id)

Kesimpulan

Cek fakta pada artikel yang memuat klaim Wakil Presiden Maruf Amin dengan judul "Wapres Tidak Masalah Konser Di Bulan Ramadhan Malah Anda Ikut Nonton & Ikut Berdonasi Pahalanya Melebihi Berpuasa" adalah klaim yang salah. Unggahan tersebut adalah hasil manipulasi yang masuk dalam kategori hoax. (Suara.com/ Farah Nabilla).

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkan Mike Tyson Salat di Kafe yang Larang Umat Islam Masuk?