Selasa, 23 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 22 Juni 2020 | 19:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sempat viral di media sosial sosok perempuan tanpa busana berdiri di pinggir jalan, yang disebut-sebut sebagai seorang dokter. Kabar dokter telanjang bulat ini pun jadi sorotan.

Bahkan sebuah postingan di media sosial pon ramai dengan mengklaim kalau kejadian dokter telanjang di pinggir jalan ini terjadi di Surabaya.

Video dokter telanjang tersebut diunggah oleh akun bernama @filipus_nove melalui Twitter.

Dari narasi yang ia tulis, perempuan tersebut diduga telanjang karena stres suami dan anaknya terinfeksi virus corona Covid-19.

"Ini dokter gigi di Surabaya, suaminya sama anaknya mati kena Covid-19. Ini istrinya stres sampai telanjang di jalan," tulis @filipus_nove.

Cuitan netizen yang mengunggah video dokter telanjang di Surabaya (Twitter).

Tak butuh waktu lama sampai kabar tersebut viral dan jadi perbincangan warganet. Namun, benarkah perempuan tersebut telanjang karena stres keluarganya terkena corona?

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran dan cek fakta Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, didapati fakta bahwa kabar tersebut ternyata hoaks. Benar bahwa perempuan tersebut adalah seorang dokter, namun ia melakukan hal itu bukan karena stres keluarganya meninggal akibat Covid-19.

Hal ini diperkuat dengan adanya klarifikasi dari Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Surabaya dan ketua RT setempat. Mereka membenarkan bahwa perempuan tersebut adalah seorang dokter namun keluarganya dalam kondisi sehat, tidak terkena Covid-19 dan berada di rumah.

"Suami dan anaknya ada di rumah. Mereka sehat," kata Iis Hidayati, Ketua RT setempat, Senin (15/6/2020).

Namun, terkait motif perempuan tersebut telanjang di pinggir jalan sampai saat ini belum diketahui. Iis juga enggan menanyakan penyebabnya dan menyerahkan segala urusan kepada keluarga sang dokter.

"Orangnya baik sekali. Kami sampai hari ini tidak bertanya pada pihak keluarga ada apa, karena kami juga tidak mau mencampuri urusan beliau. Kami tahu sudah ada dokter pribadi yang menangani, ya sudah," demikian katanya seperti dikutip dari situs Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com.

KESIMPULAN

Dari penjelasan cek fakta di atas, maka diketahui bahwa benar perempuan yang ada di video tersebut adalah seorang dokter namun, ia telanjang di pinggir jalan bukan karena stres suami dan anaknya meninggal akibat Covid-19. Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh @filipus_nove adalah kabar hoaks. (Suara.com/ Ruhaeni Intan).

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkah Nokia X600 Pakai Snapdragon 8 Gen 2 Baterai 8500 mAh dan Kamera 200MP?